Thursday, January 18, 2024

Intimidasi (5)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Dan tibalah Daud disana. Anak muda yang masih kemerah-merahan ini bukanlah seorang prajurit. Sejauh ini tugasnya hanya menggembalakan beberapa ekor ternak ayahnya. Gembala, mungkin tampaknya merupakan pekerjaan yang sepele. Tapi sebenarnya tidak demikian, bahkan pekerjaan ini terbilang penuh resiko bahkan berbahaya. Kenapa? Karena dalam menjalankan tugasnya, setiap hari ia beresiko berhadapan dengan hewan-hewan buas yang siap memangsa ternak dan dirinya.

Tapi Daud memang punya iman yang berbeda. Meski hewan-hewan buas itu bisa memangsanya, ia berani menghadapi hewan-hewan itu. Dan itu bukan karena kekuatannya melainkan karena ia tahu bahwa Tuhan ada menyertainya. Ia tahu bahwa mengandalkan kekuatannya akan sia-sia, ia kalah segalanya dari hewan pemangsa liar. Tapi saat kekuatan Tuhan yang ia andalkan, ia tidak perlu takut terhadap apapun. Spirit itulah yang ia bawa ke hadapan Goliat dan tentara Filistin.

Lihatlah apa yang dikatakan Daud kepada Saul dan para tentara Israel. "Berkatalah Daud kepada Saul: "Janganlah seseorang menjadi tawar hati karena dia; hambamu ini akan pergi melawan orang Filistin itu." (ay 32).

Daud yang muda menasihati dan menyemangati tentara-tentara yang lebih dewasa dan punya pengalaman tempur? Apakah itu terdengar aneh? Mungkin, tapi itulah mental Daud. Seruan Daud itu dilepaskan pada para tentara gagah yang selama 40 hari hanya bisa cemas dan ketakutan akibat intimidasi Goliat.

Bukan cuma menyemangati, Daud pun mengimani apa yang ia serukan dan membuktikan langsung dengan dirinya sendiri. Ia bukan cuma berseru tapi kemudian sembunyi di belakang, melainkan hadir di depan menjawab intimidasi Goliat. Daud percaya diri dan tenang menghadapi raksasa bersenjata dan perlengkapan lengkap bukan karena mengandalkan kekuatannya, melainkan karena ia tahu Tuhan menyertainya. Ia percaya kepada Sumber dari segala kekuatan. Kita tahu apa hasilnya. Daud sukses mengalahkan Goliat hanya dengan senjata yang sangat minimalis yaitu batu dan umban.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker