Wednesday, January 3, 2024

Persistence in Prayer (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaan: Lukas 18:1
====================
"Yesus mengatakan suatu perumpamaan kepada mereka untuk menegaskan, bahwa mereka harus selalu berdoa dengan tidak jemu-jemu."


Sangatlah menyenangkan melihat kegigihan anak kecil saat belajar naik sepeda. Ceritanya, saya membelikan putri saya sepeda balanced bike saat ulang tahunnya yang ke 3 awal tahun lalu . Sepeda ini tidak punya pedal, dan gunanya adalah untuk melatih keseimbangan sejak usia dini. Awalnya ia kesulitan karena ia harus mendorong sepedanya dengan menggunakan kedua kaki.

Beberapa kali ia terjatuh saat mengangkat kedua kaki atau saat ia dalam posisi terlalu miring. Luka lecet mulai dari di kaki, tangan sampai dagu sudah pernah ia rasakan. Kalau jatuhnya lumayan dia menangis, tapi kalau sedikit saja dia langsung berdiri dan coba lagi. Terkadang kasihan rasanya kalau melihat ia jatuh, tapi saya harus memberinya kesempatan belajar. Toh kalau luka sedikit tinggal diobati, dan siapapun itu pasti harus jatuh dulu sebelum bisa naik sepeda. Dalam kesempatan lain saya pun merasa geli karena anak ini gigih dan bandelnya persis papanya. Mau berapa kali jatuh dan lecet ia tidak pernah kapok dan terus main dengan sepedanya diluar bersama teman-temannya.

Setelah sekian bulan berlalu, ia sudah bisa meluncur kencang dari tanjakan dengan mengangkat kedua kakinya. "Papa, lihat aku meluncur!" teriaknya kegirangan.

Semua usahanya yang tak jemu-jemu, semua lecet yang pernah ia rasakan, terbayar sudah. Bayangkan kalau ia langsung kapok di awal, atau apabila ia tipe mudah menyerah atau juga mudah bosan, ia tidak akan bisa belajar keseimbangan naik sepeda secepat itu di usia 3 tahun lebih beberapa bulan.

Hal ini membawa saya merenung. Seandainya tokoh-tokoh  pencipta atau penemu cepat menyerah, entah bagaimana perkembangan teknologi saat ini. Ambil contoh paling sederhana saja, yaitu lampu listrik. Apa jadinya sekiranya para penemu listrik dan lampu ini tidak cukup gigih dalam melakukan riset dan percobaan-percobaan ilmiahnya?

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker