Wednesday, January 24, 2024

Be Nice, Be Wise (4)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Anda ingin menjadi yang terbesar? Dunia berkata kuasai sebanyak-banyaknya, tetapi Yesus mengajarkan kita sebaliknya. Justru kita harus merendahkan diri kita sejauh mungkin. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat apa yang tertulis di dalam Alkitab.
"Tetapi Yesus memanggil mereka lalu berkata: "Kamu tahu, bahwa pemerintah-pemerintah bangsa-bangsa memerintah rakyatnya dengan tangan besi dan pembesar-pembesar menjalankan kuasanya dengan keras atas mereka." (Matius 20:25)

Pemerintah bangsa-bangsa dalam versi bahasa Inggrisnya dikatakan dengan "the rulers of the Gentiles", yang bisa kita artikan sebagai para pemimpin bangsa yang tidak mengenal Allah. Mereka memakai kekuasaan sebagai alat untuk menekan rakyatnya dengan tangan besi demi kepentingan pribadi. Posisi orang percaya seharusnya tidak boleh seperti itu.

Perhatikan kata Yesus selanjutnya: "Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu." (ay 26-27).

Terdengar kontroversi? Mungkin ya. Prinsipnya berbeda? Itu jelas. Yang pasti, konsep Kerajaan Allah berbanding terbalik dengan konsep dunia. Kalau di dunia orang yang terbesar adalah orang yang absolut, bisa mempergunakan kekuasaannya sebesar-besarnya demi kepentingannya dan tidak tersentuh, Kerajaan Allah bilang orang yang besar adalah orang yang mau melayani, yang terkemuka adalah orang yang mau merendahkan dirinya menjadi hamba.

Apakah Yesus hanya memerintahkan hal ini sepihak? Tentu saja tidak. Yesus sudah mencontohkan langsung mengenai sikap tersebut lewat sikap hidupNya ketika ada di dunia ini. Dalam kesempatan lain Yesus juga menyampaikan: "Karena yang terkecil di antara kamu sekalian, dialah yang terbesar." (Lukas 9:48).

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker