Wednesday, January 17, 2024

Intimidasi (4)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Tapi ada hal lain yang juga menarik untuk kita cermati. Perhatikan apa yang disebutkan pada ayat bacaan hari ini, yang sepertinya jarang-jarang disinggung.  

"Orang Filistin itu maju mendekat pada pagi hari dan pada petang hari. Demikianlah ia tampil ke depan empat puluh hari lamanya." (ay 16).

Dari Versi Mudah Dibaca (VMD) disebutkan seperti ini:  "Selama 40 hari Goliat orang Filistin itu keluar dari kemahnya setiap pagi dan petang dan berdiri menghadap tentara Israel dan mengejek mereka."

Dengan kata lain, Goliat berdiri mengintimidasi tentara Israel bukan satu dua hari melainkan sampai 40 hari.

Seperti apa bentuk intimidasinya? Bentuknya adalah seperti ini. "Ia berdiri dan berseru kepada barisan Israel, katanya kepada mereka: "Mengapa kamu keluar untuk mengatur barisan perangmu? Bukankah aku seorang Filistin dan kamu adalah hamba Saul? Pilihlah bagimu seorang, dan biarlah ia turun mendapatkan daku. Jika ia dapat berperang melawan aku dan mengalahkan aku, maka kami akan menjadi hambamu; tetapi jika aku dapat mengungguli dia dan mengalahkannya, maka kamu akan menjadi hamba kami dan takluk kepada kami."  Pula kata orang Filistin itu: "Aku menantang hari ini barisan Israel; berikanlah kepadaku seorang, supaya kami berperang seorang lawan seorang." (ay 8-10).

"Wahai tentara Israel, hari ini aku menantang kalian! Sini satu lawan satu saja kalau berani!" Itu yang diteriakkannya setiap hari di depan tentara Israel. Tidaklah mengherankan kalau mental tentara Israel kemudian drop akibat tekanan psikologis yang dilancarkan Goliat selama lebih dari sebulan. Goliat dan bala tentara Filistin sukses meruntuhkan mental tentara Israel. Dan hal itupun dinyatakan dalam Alkitab.  "Ketika Saul dan segenap orang Israel mendengar perkataan orang Filistin itu, maka cemaslah hati mereka dan sangat ketakutan." (ay 11).

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker