Monday, January 15, 2024

Intimidasi (2)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Ada banyak orang tua yang bersifat otoriter dan mendisplinkan terlalu keras tidak sesuai dengan umur anak. Ada banyak pula yang memaksakan kehendaknya, melarang secara sepihak tanpa memberi contoh, tabu untuk minta maaf, berat memuji tapi kalau mengkritik lancar dan tajam. Dari pengalaman saya, ini hampir selalu jadi akar permasalahan dari mereka yang bermasalah secara mental saat dewasa. Untuk memperbaikinya biasanya dibutuhkan waktu yang sangat lama karena kerusakan karakter itu sudah berlangsung lama dan terjadi sejak masa tumbuh kembang mereka.

Intimidasi saat ini sudah terjadi sejak usia dini dan akan terus ada sepanjang hidup. Mulai dari dalam keluarga sendiri, nanti di sekolah, di lingkungan, mapun kelak di tempat kerja. Bentuk-bentuk intimidasi pun semakin banyak ragamnya. Mulai dari yang klasik seperti intimidasi verbal dan fisik, hingga yang kekinian, cyber bullying. Kalau tidak bentuk intimidasi berupa tekanan, berbagai bentuk hinaan termasuk body shaming, itu pun bisa meruntuhkan mental dan seringkali sama destruktifnya dengan intimidasi. Dan orang-orang seperti ini semakin banyak saja di dunia, termasuk di negara kita.

Intimidasi bisa membuat seseorang bisa sulit maju menggapai cita-cita atau panggilannya. Mereka sulit mencapai potensi dan penampilan terbaik mereka, cenderung berjalan di tempat atau malah mundur. Padahal, sebenarnya punya potensi dan bakat besar. Alangkah sayangnya apabila mereka harus gagal karena tidak bisa melewati intimidasi atau tekanan, ejekan, cemoohan, kritikan yang merendahkan dan bentuk-bentuk lainnya.

Akan halnya intimidasi, saya ingin mengajak teman-teman untuk kembali melihat kisah Goliat dari sudut pandang berbeda. Kita sudah sangat familiar dengan kisah ini, terutama pada bagian Daud mengalahkan Goliat hanya dengan menggunakan umban yaitu sejenis ketapel. Tapi untuk renungan kali ini, saya akan mengajak melihat dari sisi lain yang mungkin jarang kita perhatikan, yaitu intimidasi.

Apakah yang dimaksud dengan intimidasi? Menurut kamus bahasa, intimidasi adalah tindakan menakut-nakuti (terutama untuk memaksa orang atau pihak lain berbuat sesuatu),  gertakan atau ancaman. Sebuah intimidasi bermaksud menimbulkan rasa takut atau gentar kepada korban dengan menyerang terhadap mental. Itulah sebabnya berhasil tidaknya sebuah intimidasi, atau dampak yang ditimbulkan dari sebuah intimidasi akan sangat tergantung pada mental sang korban. Jika mental kita lemah, maka sedikit intimidasi sudah akan meruntuhkan kita secara moril.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker