Friday, June 2, 2023

Present Time (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaaan: Ibrani 3:13
==================
"Tetapi nasihatilah seorang akan yang lain setiap hari, selama masih dapat dikatakan "hari ini", supaya jangan ada di antara kamu yang menjadi tegar hatinya karena tipu daya dosa."


Salah satu hal menarik dari bahasa Inggris dan kebanyakan bahasa di Eropa adalah perbedaan kata yang dipakai untuk masa, yaitu masa yang sekarang sedang berlangsung (present), masa lalu (past) dan masa yang akan datang (future). Misalnya, untuk menggambarkan 'saya pergi ke sana', kita bisa langsung tahu apakah saya sedang kesana sekarang, saya kesana di waktu yang sudah lewat,atau saya bakal ke sana. I go there, I'm going there, I went there, I will go there, atau yang lebih spesifik lagi ' I will be going there ', yang berarti nanti saya bakal sedang berangkat ke sana.' Dari kalimatnya kita bisa langsung tahu rentang masa yang ingin digambarkan di sana.

Dalam renungan kali ini, we are going to talk about time. Waktu. Waktu akan terus berjalan dengan kecepatan yang konstan, meski terkadang kita bisa merasa waktu itu berjalan begitu cepat atau lambat menurut perasaan kita. Kalau kita sedang bosan, mungkin waktu bisa terasa sangat lambat, tapi sebaliknya saat kita sedang bersenang-senang, waktu seolah cepat sekali berlalu.

Jaman terus berubah selama bumi masih berputar. Meski bumi berputar, waktu berjalan secara linear dan bukan sirkular. Dalam artian, masa yang sudah kita lewati tidak dapat kita ulangi lagi. Dengan kata lain kita tidak bisa memutar mundur waktu.

Masa secara garis besar dibagi atas tiga rentang waktu yaitu masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang. Past, Present, Future. Atau bisa juga kita bagi dengan hari kemarin, hari ini dan besok. Yesterday, Today, Tomorrow. Atau bisa juga kita bagi dengan dulu, sekarang dan nanti. Before, now, and later.

Kita tidak bisa mengulang masa lalu. Apa yang sudah berlalu akan tetap berlalu. Sekali waktu berjalan, waktu di belakangnya tidak lagi bisa kita utak atik. Kita tidak bisa memutar balik jam untuk kembali ke masa lalu.The past, or yesterday, is done. We can never turn back the clock and change anything that has happened in the past. Sementara untuk masa depan, tidak satupun kita yang bisa tahu pasti apa yang akan terjadi disana. Kita hanya bisa memprediksi, tetapi tidak akan pernah secara pasti mengetahuinya. Kita bahkan tidak tahu apa yang akan terjadi sedetik lagi.

Satu-satunya masa yang bisa kita isi, lakukan sesuatu didalamnya adalah HARI INI.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker