Saturday, June 24, 2023

Bijaksana (3)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Salomo mengatakannya seperti ini. "baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu dan baiklah orang yang berpengertian memperoleh bahan pertimbangan-" (Amsal 1:5). Dalam versi bahasa Inggris amplifiednya dikatakan "The wise also will hear and increase in learning, and the person of understanding will acquire skill and attain to sound counsel [so that he may be able to steer his course rightly]". Orang yang bijaksana akan mendengar dan terus belajar, dan orang yang berpengertian akan mengembangkan kemampuan dan memiliki pertimbangan, sehingga ia bisa mengarahkan tujuannya dengan benar. Belajar tentu saja bukan hanya mengenai ilmu pengetahuan, tetapi juga belajar tentang kebenaran dengan terus mendalami Firman Tuhan. Ada begitu banyak pelajaran, tuntunan dan peringatan disana yang kalau kita cermati dan dalami terus secara kontinu akan sangat menentukan dalam membentuk karakter yang bijaksana.

Ada banyak orang yang bingung menentukan masa depannya, kemana mereka harus melangkah, jurusan apa yang harus ia ambil sesuai talenta dan panggilannya, dan sebagainya. Salah langkah, maka akan banyak waktu terbuang sia-sia dan akan menderita banyak kerugian, baik rugi waktu, tenaga, uang, dan sebagainya. Selain itu  masih ada begitu banyak hal yang belum kita ketahui, yang dapat menambah pengetahuan kita akan segala sesuatu, dan akhirnya bisa menjadikan kita sebagai orang dengan wawasan pemikiran luas serta bijaksana.

Jadi buat saya, bijaksana haruslah dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Karena, bagaimana kita bisa berharap bisa bijaksana sebagai pemimpin dalam level apapun kalau hidup kita sendiri saja masih kacau atau malah hancur-hancuran? Setidaknya, keduanya harus berjalan bersamaan sebagai sebuah proses paralel yang berjalan secara kontinu, karena pada hakekatnya hidup merupakan rangkaian proses dimana tujuan kita adalah agar bisa semakin serupa dengan Kristus.

Orang yang bijaksana dalam menghadapi masalah mampu melihat dari berbagai sisi dengan lebih tenang. Kita seringkali hanya ingin mendapat jawaban yang cepat, tapi sesungguhnya untuk membuat hidup menjadi lebih kuat, kita membutuhkan lebih banyak lagi hikmat yang bisa kita peroleh dengan banyak mendengar dan mau tetap belajar. Sekali lagi, tidak ada orang yang langsung tahu segalanya. Kita masih harus terus belajar selama kita masih mampu untuk itu. Jangan pernah gengsi untuk bertanya kepada orang lain. Kemudian dengarkan lawan bicara dengan baik, dan berilah kesempatan pada mereka untuk mengungkapkan ide, pola pikir, kebiasaan, pengalaman, nasihat, tips, trik dan lain-lain.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker