Sunday, June 11, 2023

Filosofi Mawar Berduri (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaan: Mazmur 106:1
=========================
"Haleluya! Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya."


Kemarin ada sorang teman saya yang datang berkunjung. Seperti saya, ia pun sedang mengalami kesulitan dengan kondisi ekonominya saat ini. Sebagai musisi, ia menjadi sulit untuk bertahan sejak pandemi melanda. Bukan saja karena untuk 'ngamen' alias mencari uang dengan bermusik lama terputus akibat pembatasan kegiatan dan pelarangan keramaian, tapi job-job lain seperti pernikahan dan mengajar les pun lenyap. Ia mencoba beralih dengan menjual makanan, tapi itu pun gagal. Pertama virus utama, lalu varian demi varian terus silih berganti membuat kita tidak kunjung lepas dari masalah yang sudah terlalu lama merusak tatanan hidup ini.

Hingga hari ini ia masih kesulitan, seperti halnya banyak dari kita yang bukan pegawai bergaji tetap. Tapi satu hal yang menarik dari cara pemikirannya adalah, ia berkata bahwa ia tahu ini masa-masa sulit yang harus ia hadapi tanpa harus menyalahkan Tuhan. "Puji Tuhan, saya dan keluarga masih diberi kesehatan sehingga bisa terus berusaha." katanya. Ia melanjutkan bahwa biar bagaimanapun, Tuhan itu tetap baik. Karena meski ia tengah mengalami kesulitan, ia masih bisa melihat hal-hal baik yang Tuhan kerjakan atas diri dan keluarganya.

Saya jadi teringat beberapa orang yang saya kenal kemudian mulai meragukan Tuhan, menyalahkan Tuhan atas kondisi sukar yang tengah dialami bukan saja oleh kita tapi terjadi secara global. Menurut mereka, kalau Tuhan benar ada dan benar mengasihi kita, kenapa Tuhan mengijinkan virus ini muncul, membunuh banyak orang dan membuat kondisi mereka berubah drastis?

Pemikiran seperti itu bisa saja muncul saat kita tengah terdesak atau terjepit akan kondisi faktual, tapi seharusnya kita tidak membiarkan pemikiran seperti itu menguasai dan mengambil alih diri kita. Karena, kalau mau berjalan tanpa Tuhan, mau jadi apa kita nanti? Saya pernah hidup di luar Tuhan, lama pula, sehingga saya tahu betapa sia-sianya dan ruginya berjalan tanpa Tuhan. Bukankah dalam masa-masa sulit seperti ini kita justru dikuatkan oleh iman? Setidaknya agar kita merasa bahwa kita tidak sedang sendirian menghadapi semuanya tapi ada Tuhan yang bersama-sama kita.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker