Saturday, June 17, 2023

Iri (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaan: Yakobus 3:16
======================
"Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat."



Senang melihat orang susah, susah melihat orang senang. Tentu anda sering mendengar permainan kata yang dibalik-balik ini untuk menggambarkan salah satu sifat yang sepertinya menjangkiti banyak manusia terutama di masa-masa sukar seperti sekarang. Kalau diibaratkan produk, ini adalah produk dari sebuah hati yang tercemar dengan rasa iri, atau kalau disingkat biasa disebut dengan iri hati.

Seperti apa iri hati itu? Iri hati adalah sebuah perasaan tidak senang atau tidak puas yang timbul saat melihat kelebihan atau keuntungan yang dimiliki oleh orang lain. Secara umum kalau mendengar kata iri hati orang cenderung mengasosiasikan pada kepemilikan harta benda seperti iri melihat rumah lebih mewah, mobil, aksesoris dan sebagainya. Tapi iri hati sebenarnya bisa muncul dari banyak hal selain materi. Misalnya iri terhadap kesuksesan, kebahagiaan, karir, pekerjaan, kesempatan dan lain-lain.

Iri hati bisa jadi tampak sepele, karena seringkali rasa ini muncul tanpa sadar dan rasanya pernah dialami hampir semua orang dengan kadar berbeda-beda. Karenanya iri hati sering dianggap sebagai sesuatu yang manusiawi, tidak berbahaya bahkan sesuatu yang alami. Tapi apakah benar demikian? Ternyata tidak. Karena alkitab banyak mengingatkan kita agar waspada terhadap sikap atau sifat yang satu ini. Itu artinya, iri hati itu berbahaya kalau terus dibiarkan. Lihatlah ayat bacaan hari ini yang secara tegas mengingatkan kita akan bahaya dari iri hati yang dibiarkan bercokol mencemari hati kita.

Seperti yang saya sebutkan barusan, iri hati seringkali muncul tanpa sadar, alias menyusup, menyelinap masuk ke dalam hati kita secara diam-diam. Tahu- tahu kita tidak senang melihat orang sukses, bersungut-sungut bahkan bisa sampai kemudian membenci dan seterusnya. Sekali menyusup, itu bisa mendatangkan bahaya karena berbagai perbuatan jahat bisa menjadi kelanjutannya.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker