Wednesday, June 7, 2023

Kisah Sebidang Tanah Kosong (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaan: Matius 13:24
====================
"Yesus membentangkan suatu perumpamaan lain lagi kepada mereka, kata-Nya: "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama orang yang menaburkan benih yang baik di ladangnya."


Tepat di sebelah rumah saya ada sepetak tanah kosong. Dahulu, tanah itu terbengkalai begitu saja tanpa pernah diurus oleh pemiliknya. Jangankan mengurusi, datang melihat saja tidak pernah. Karena itulah ada warga yang kemudian mempergunakan tanah itu untuk ditanami sayur-sayuran. Ia memilih jenis sayur-sayur yang masa panennya cepat seperti selada dan kol. Apakah ia sudah minta ijin kepada pemilik tanah? Entahlah. Buat saya yang tinggal tepat disebelahnya, tanah yang diurusi dan dimanfaatkan seperti itu akan jauh lebih baik ketimbang dibiarkan menjadi semak rimbun.

Belakangan sang pemilik tanah meninggal, dan tanah itu kemudian diwariskan kepada dua anaknya, alias dibagi dua. Yang satu kemudian membangun rumah dan tinggal disana, sementara bagian yang tepat disamping saya lagi-lagi dibiarkan terbengkalai.

Karena kali ini tanah tersebut sebagian sudah ditempati, maka si warga yang tadinya suka memanfaatkan lahan tampaknya jadi segan dan tidak lagi menanam disana. Sekarang, tanah itu pun terbengkalai. Semak rimbun penuh tanaman dan rumput liar memenuhi lahan. Bukan saja terlihat kotor dan jelek, saya pun kuatir kalau-kalau ada binatang seperti ular bisa bersarang disana.

Ada hal menarik yang saya amati dari sebidang tanah di sebelah saya ini. Dari dulu sampai sekarang tanahnya sama. Tapi tanaman yang tumbuh disana bisa berbeda-beda. Dan hasilnya pun akan berbeda, tergantung apa yang ditanam. Kalau yang ditanam daun selada, ya tumbuhnya selada. Kalau kembang kol maka yang tumbuh juga pasti kembang kol. Tidak akan mungkin wortel yang tumbuh disana. Kalau tidak ditanami, maka yang tumbuh adalah tanaman dan rumput liar.

Sekali lagi, tanahnya sama, tapi yang tumbuh bisa berbeda. Apakah tanaman yang bermanfaat yang ditanam atau tanaman pengganggu, semua aka tergantung yang tanam.  Apa benih yang kita tabur ke atas tanah atau tanam, maka itulah yang akan tumbuh. Kalau tidak, ya tanaman liar yang ambil alih. Tanah tidak bisa dan tidak akan pernah memilih. Tanah akan menumbuhkan apapun yang kita tabur atau dibawa angin untuk jatuh ke atasnya.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker