Friday, June 23, 2023

Bijaksana (2)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Kenapa saya masih harus terus belajar? Karena saya percaya tidak ada seorang pun yang menguasai seluruh bidang, tahu segalanya. Agar keputusan-keputusan bisa diambil dengan bijaksana, saya merasa perlu banyak pertimbangan terlebih dahulu sebelum memutuskan sesuatu. Dan itu bisa saya dapatkan dengan banyak belajar, baik dari pengalaman sendiri maupun pengalaman orang lain, mungkin dari beragam literatur, atau dengan meminta pandangan orang lain yang saya anggap sudah lebih pengalaman.

Pemimpin yang bijaksana bahkan perlu mendengar suara rakyatnya agar tahu apa yang terjadi di bawah, apa yang menjadi keluhan dan kesulitan mereka. Dalam rumah tangga, sebagai pemimpin saya pun sama seperti itu. Ada istri dan anak saya dalam keluarga yang saya pimpin, sehingga saya perlu tahu persis bagaimana keadaan dan perasaan mereka. Apakah mereka menganggap suami atau ayahnya terlalu sering diluar dan kurang membagi waktu buat mereka, apakah mereka dalam keadaan baik-baik saja, saya harus mendengar semua itu. Jika memang ada keluhan, maka saya harus belajar untuk lebih bijaksana membagi waktu. Yang tidak kalah penting adalah terus menjaga hubungan dengan Tuhan, karena hikmat akan sangat berdampak pada kebijaksanaan. Belajar dan mau mendengar, tidak egois dengan mau menang sendiri dan tidak bersikap absolut, lalu menjaga kedekatan dengan Tuhan akan membuat saya semakin tahu dan dengan demikian tentu semakin bijaksana. Saya selalu percaya akan hal itu.

Apakah untuk jadi bijaksana harus seperti tokoh-tokoh animasi dalam ilustrasi di awal, yang artinya harus tua, berjanggut putih, dahulu? Pengalaman memang penting. Tapi pada kenyataannya masih ada banyak sekali orang yang secara usia sudah dewasa atau tua tapi sikapnya masih jauh dari bijaksana.

Bagaimana agar kita jadi orang yang bijaksana? Salomo bilang mendengarlah dan teruslah meningkatkan kerinduan untuk belajar. Meski anda orang yang berpendidikan, teruslah mendengar agar memperoleh bahan pertimbangan. Orang yang bijaksana hendaknya kaya dengan bahan pertimbangan dan tidak terlalu cepat menyimpulkan sesuatu hanya menurut pendapatnya sendiri.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker