Monday, June 19, 2023

Iri (3)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

"Sebab di mana ada IRI HATI dan MEMENTINGKAN DIRI SENDIRI di situ ada KEKACAUAN dan SEGALA MACAM PERBUATAN JAHAT." (Yakobus 3:16).

Iri hati dan mementingkan diri sendiri alias bersifat egois akan membuka pintu bagi iblis untuk masuk ke dalam kehidupan kita. Dimana iri hati dan mementingkan diri sendiri itu ada, maka potensi kekacauan dan segala macam (bukan hanya beberapa atau sedikit tapi disebutkan segala macam) perbuatan jahat pun sangat besar. Perbuatan jahat apa saja yang akan dibawa iblis melalui pintu yang satu ini? Banyak sekali, mulai dari "sekedar" cemburu, depresi bahkan hingga pembunuhan.

Pembunuhan? Tepat sekali. Berawal dari iri hati yang katanya sederhana dan manusiawi, akibatnya bisa sampai sejauh itu. Bahkan kisah pembunuhan pertama yang dicatat dalam Alkitab justru berawal dari iri hati. Itu bisa kita lihat dalam Kejadian pasal 4.

Pada suatu kali Kain merasa iri pada saudaranya Habel karena mendapati bahwa korban persembahannya "kalah". Hatinya pun kemudian panas, dan wajahnya berubah menjadi muram.

Apa kata Tuhan melihat Kain? Mari kita lihat ayat 6 dan 7: "Firman TUHAN kepada Kain: "Mengapa hatimu panas dan mukamu muram? Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya."

Perhatikan, Tuhan tidak berkata: "AnakKu Kain, itu adalah hal yang wajar, santai saja... nanti lama-lama juga reda." Tidak. Sebaliknya Tuhan berkata: "Kain, berhati-hatilah. Dosa sudah mengintip di depan pintu." Tapi Kain tidak mengindahkan peringatan itu. Dan kita tahu apa yang terjadi kemudian. Berawal dari iri hati, ia dikuasai si jahat dan kemudian membunuh adiknya (ay 8).

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker