Sunday, February 4, 2024

Sekuens (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaan: Pengkotbah 3:11
==============
"Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir."

Pada saat pergantian tahun kemarin, seorang kerabat saya yang berprofesi sebagai pendeta mengirimkan pesan berupa ayat yang saya jadikan ayat bacaan hari ini, yaitu dari Pengkotbah pasal 3 ayat yang ke 11. Ayat ini sesungguhnya tidaklah asing lagi bagi sebagian besar dari kita, bahkan kerap dipotong hanya di bagian awal dan dipakai sebagai ayat peneguhan untuk menguatkan dalam hidup. Kenapa? karena ayat ini memberikan janji Allah bahwa Dia merencanakan segala sesuatu yang indah bagi setiap kita, manusia ciptaanNya yang teristimewa.

"Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir."

Lihatlah bahwa ayat ini secara tegas mendeklarasikan apa yang menjadi isi hati Tuhan untuk kita. Tuhan, membuat, is making, segala sesuatu indah pada waktunya. Beautiful in time. Maybe not now, but in time, it will.

Mungkin bukan sekarang, tapi pada waktunya, segala sesuatu akan indah. Segala sesuatu, bukan sebagian kecil, sebagian besar, just some parts, but every thing. Segala sesuatu.

Jadi:

1. Tuhan sudah merencanakan dan membuat segala sesuatu indah bagi kita.
2. Tuhan sudah menentukan waktu yang tepat untuk itu.
3. Tuhan sudah menaruh dalam hati manusia suatu keinginan mendalam akan sesuatu yang lebih besar daripada hal-hal yang sifatnya duniawi.
4. Tapi, ingatlah bahwa kemampuan kita tidak cukup untuk mengetahui secara persis apa yang menjadi rencana Tuhan bagi kita, dari awal hingga akhir.

Buat saya ayat ini berbicara sangat dalam mengenai apa yang menjadi keinginan Tuhan sejak semula saat menciptakan kita, what He desires for each and every one of us, bagaimana Dia menginginkan kita untuk menyadari apa yang menjadi titik fokus bagi kita dalam menjalani hidup, dan menyadari betul bahwa ada keterbatasan kita sebagai manusia untuk bisa mengetahui apa yang menjadi rencananya. Knowing our path, which way for us to walk through in order to fulfill what He wishes for us to have. Mengetahui kemana kita harus melangkah, kemana arah destinasi kita agar kita bisa menggenapi segala rencana indah yang sudah dipersiapkan Tuhan sejak semula bagi kita.

Ayat Pengkotbah 3:11 yang saya dapat dari kerabat saya menjelang tutup tahun kemarin pun membawa saya untuk melakukan sebuah perenungan mendalam. Dan perenungan inilah yang akan saya bagikan dalam renungan kali ini.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker