Wednesday, February 28, 2024

Kuasa Kasih Menutupi Banyak Sekali Dosa (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaan: 1 Petrus 4:8
=====================
"Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa."


Di negara dimana pemadaman aliran listrik masih kerap terjadi dan tanpa pemberitahuan, senter atau lilin maupun korek api menjadi sangatlah penting. Karena apabila listrik padam tiba-tiba di malam hari, maka kita membutuhkan sumber penerangan sesegera mungkin.

Ini adalah salah satu pengalaman saya. Dahulu saya tidak begitu mempedulikan letak sumber penerangan alternatif ini. Saya pikir, nanti pelan-pelan dicari walau harus meraba-raba juga pasti nemu. Suatu kali saat aliran listrik mendadak padam, saya kerepotan mencari senter atau apapun yang bisa menerangi ruangan. Karena kurang hati-hati, secara tidak sengaja menyenggol gelas. Gelasnya jatuh dan pecah di atas kaki saya. Kaki saya terluka kena pecahan kaca. Tapi saya  tidak boleh bergerak karena saya tidak mau menginjak pecahan kaca dan menambah luka lain. Mau tidak mau, saya harus menunggu sampai listrik menyala kembali. Pengalaman itu membuat saya belajar untuk memastikan ada senter dan lilin pada tempat tertentu, tempat yang mudah dijangkau dan diingat.

Kegelapan membuat kita tidak bisa melihat. Dan dari ilustrasi berdasarkan pengalaman saya di atas, kita bisa belajar bahwa kegelapan ternyata bisa mendatangkan bahaya, seperti gelas yang jatuh dan pecah di kaki saya tadi. Dalam kehidupan rohani kita, kegelapan yang menggantikan terang juga bisa membawa kita masuk dalam bahaya. Ada banyak dosa yang siap masuk dan merusak tatanan kehidupan yang selama ini sudah susah payah kita bangun.

Maka apa yang harus kita lakukan adalah jangan memberi peluang bagi kegelapan, melainkan tetaplah hidup sebagai anak-anak terang. Kita harus sadari bahwa kegelapan sekelam apapun tidak akan pernah bisa menang melawan seberkas cahaya. Bahkan, semakin gelap sebuah tempat, semakin terang pula cahaya disana. Jika anda menyalakan senter di saat lampu menyala atau di siang hari, tentu cahaya senter itu tidak begitu jelas terlihat. Akan tetapi saat senter dipakai dalam ruang gelap, terang cahayanya akan dengan seketika mengalahkan gelap.

Kapan dosa mempunyai peluang untuk menancapkan kukunya?

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker