Saturday, April 1, 2023

Pilihan Dalam Kehidupan (5)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Hidup sesungguhnya penuh dengan pilihan. Firman Tuhan berkata: "Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini: kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu, dengan mengasihi TUHAN, Allahmu, mendengarkan suara-Nya dan berpaut pada-Nya, sebab hal itu berarti hidupmu dan lanjut umurmu untuk tinggal di tanah yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu, yakni kepada Abraham, Ishak dan Yakub, untuk memberikannya kepada mereka." (Ulangan 30:19-20).

Sebuah pertanyaan, kenapa harus ada pilihan yang membutuhkan pengambilan keputusan dari kita jika Tuhan mau kita semua selamat? Bukankah lebih mudah jika kita dibuat untuk ikut saja seperti robot yang diprogram? No, Tuhan membentuk kita sebagai manusia, bukan robot. Tuhan membentuk kita sebagai pribadi-pribadi yang dibuat mengambil gambar diriNya dan Dia ingin berinteraksi dengan kita, anak-anakNya, bukan menjadikan kita robot terprogram. Karena itu kita diberi kehendak bebas. Kehendak bebas membuat kita diijinkan untuk memutuskan apa yang akan menjadi pilihan kita. Dari satu pilihan kepada pilihan lain, itulah hidup kita. Satu pilihan salah akan mengarahkan anda untuk melakukan pilihan lainnya yang salah. Kalau pilihan yang salah yang terus terjadi, kita akan gagal mengalami hidup sesuai rencana Tuhan.

Lalu bagaimana agar kita tidak mengambil pilihan keliru? Base your life on the bible. Itu kuncinya. Disana segala hal esensi tentang kebenaran sudah ada, itu adalah panduan bagi kita dalam menjalani hidup dengan benar dalam kemerdekaan, kehendak bebas yang ada pada diri kita. Jika kita malas atau enggan mendalami Alkitab, kita tidak akan tahu apa yang benar dan salah, sehingga keputusan-keputusan kita berpotensi besar untuk keliru. Saya sudah mengalami hal itu sehingga saya paham betul konsekuensinya berdasarkan pengalaman saya sendiri.

Mengikuti rencana Tuhan mungkin tidak serta merta mudah. Mungkin ada penderitaan di dalamnya, mungkin ada yang harus kita korbankan, sesuatu yang bisa jadi begitu kita nikmati, kesulitan dan sebagainya. Tapi itu semua pasti membentuk karakter anda lebih kuat dan mengerti bahwa anda harus mengandalkan Tuhan lebih dari apapun. Saat ini terlihat berat, tetapi percayalah pada akhirnya kita akan menerima segala janji Tuhan tanpa kurang sedikitpun. PMari belajar lewat Musa dan imannya. Kapanpun anda dihadapkan pada pilihan, pastikan anda mengambil pilihan yang tepat. Pastikan berkat yang menjadi bagian anda, bukan kutuk.

Life is full of choice. One thing lead to another. Make sure to make the right decision in every step



No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker