Thursday, April 20, 2023

Dinas Luar Kota (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaan: Markus 6:7-8
===================
"Ia memanggil kedua belas murid itu dan mengutus mereka berdua-dua. Ia memberi mereka kuasa atas roh-roh jahat,dan berpesan kepada mereka supaya jangan membawa apa-apa dalam perjalanan mereka, kecuali tongkat, rotipun jangan, bekalpun jangan, uang dalam ikat pinggangpun jangan"


Bagi yang bekerja di perusahaan tentu pernah merasakan saat mendapat tugas ke luar kota. Biasanya sebuah penugasan keluar kota itu dibiayai sepenuhnya oleh perusahaan. Tidak perlu bayar hotel, tidak perlu pusing soal makan, transportasi juga akan sepenuhnya dibiayai. Dan ada juga yang dibekali dnengan uang saku. Para pejabat negara dan wakil rakyat juga sama, kalau kunjungan kerja ke luar kota maka biayanya akan ditanggung negara. Kalau yang jujur akan mempergunakan fasilitas dan dana yang dikeluarkan sesuai kebutuhannya bertugas, yang nakal akan memanfaatkan dengan sekalian membawa keluarganya. Dia bekerja, keluarganya jalan-jalan gratis. Itu pun sudah menjadi hal yang tidak lagi membuat kita kaget. Begitu lumrahnya, sampai orang yang jujur malah dikatain bodoh karena tidak memanfaatkan kesempatan.

Saat saya masih menjalankan profesi saya sebagai jurnalis sebelum masa pandemi, jika saya harus meliput ke luar kota maka biaya perjalanan saya pun ditanggung oleh event yang mengundang. Demikian pula untuk masuk ke venue, saya sudah disediakan id pers sehingga tidak perlu membayar tiket masuk lagi. Makan, atau  apabila eventnya berjalan lebih dari satu hari dan/atau letaknya cukup jauh dan perlu menginap, maka penginapan pun mereka yang sediakan. Dengan akomodasi dan fasilitas yang disediakan itu maka saya tinggal bekerja saja tanpa perlu memikirkan hal-hal lainnya, yang tentu saja memudahkan saya dalam bertugas.

Saat menjalankan tugas mewakili sebuah instansi, lembaga atau negara, biaya yang dikeluarkan selama perjalanan ditanggung oleh instansi dimana seseorang itu bekerja. Itu tentu hal yang wajar. Semakin bonafit perusahaan tempat bekerja, semakin tinggi jabatan, maka fasilitas pun akan menjadi semakin mewah. Itupun wajar. Bagi sebagian orang itu dirasa membanggakan karena biasanya tidak semua bisa mendapat kesempatan itu.

Sekarang, mari kita lihat bagaimana saat murid-murid Yesus mendapat tugas luar kota bukan dari instansi atau negara, tapi langsung dari Yesus sendiri.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker