Sunday, April 16, 2023

Rehabeam (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaan: 2 Tawarikh 12:1
==============================
"Rehabeam beserta seluruh Israel meninggalkan hukum TUHAN, ketika kerajaannya menjadi kokoh dan kekuasaannya menjadi teguh."


Tidak satupun dari kita yang ingin hidup pas-pasan, apalagi kekurangan. Apalagi di jaman serba sulit seperti sekarang ini. Di satu sisi resesi, di sisi lain serangan budaya konsumerisme yang semakin dahsyat. Dengan situasi seperti itu maka banyak orang  yang akhirnya merubah perhatian dan fokus untuk mengejar uang. Mencari Tuhan pun jadi salah satu alternatif agar bisa memperoleh berkat, yang tentu saja menjadi pemahaman keliru dari kenapa kita beriman kepadaNya.

Di saat sulit seperti sekarang, saya mempergunakan masa-masa kesukaran ini untuk belajar banyak. Kalau dulu hidup relatif lebih mudah, sekarang saya harus berpikir banyak dalam membagi uang agar bisa mencukupi hal-hal yang penting dulu dan mengesampingkan hal-hal yang tidak terlalu penting. Apa yang anak dan istri saya butuh dulu, urusan saya belakangan saja. Memenuhi kebutuhan nutrisi untuk anak yang masih dalam usia pertumbuhan dulu, soal makan papa dan mamanya kita bisa kompromi saja. Setidaknya saya mau mempergunakan masa-masa sukar ini untuk belajar lebih menghargai apapun yang ada, belajar menata pengeluaran lebih baik lagi, dan tentunya mempersiapkan diri agar tetap bisa bijaksana dalam mengelola keuangan saat nanti kehidupan menjadi berangsur membaik.

Mempersiapkan diri? Dari pengalaman dan pengamatan saya, saya mendapatkan kesimpulan bahwa ketika kekayaan dan kesuksesan datang pada saat kita belum siap, itu berpotensi mendatangkan bahaya. Orang bisa jatuh ke dalam berbagai dosa mencari kenikmatan sesaat yang menyesatkan yang bisa dihadirkan oleh uang. Di saat orang berburu uang, maka cara memperolehnya pun tidak lagi penting. Yang penting dapat sebanyak-banyaknya, tidak peduli caranya. Dosa kesombongan juga menjadi salah satu sumber penghancur yang paling sering menerpa mereka yang mentalnya belum siap untuk menerima dan mempertanggungjawabkan kekayaan atau popularitas terebut. Sombong merasa tidak lagi perlu orang lain, merasa bisa membeli siapapun, dan kemudian meninggalkan Tuhan karena tidak lagi merasa butuh akan kehadiranNya.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker