Saturday, April 8, 2023

Representatif Kristus (3)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Kalau dengan sesama murid Yesus saja sikapnya seperti itu, bayangkan gambaran seperti apa yang diperoleh mereka yang ada di luar. Jika itu yang dipertontonkan, bukannya menjadi garam dan terang tetapi mereka malah menjadi batu sandungan bagi orang lain. Jangankan membawa jiwa, dekat saja mungkin tidak ada yang mau, atau malah membuat orang pergi menjauh. Jangankan tertarik, yang ada anti pati.

Bersikap buruk sama sekali bukanlah gambaran sikap yang diinginkan Tuhan untuk kita lakukan. Melakukannya harus dengan seni, dan menurut Yesus seni yang pas adalah seperti ular dan merpati. Yesus mengatakan seperti ini: "Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati." (Matius 10:16).

Seringkali medan yang kita hadapi itu berat, kita harus berhadapan dengan situasi-situasi yang beresiko, penolakan dan lain sebagainya, bahkan bisa jadi ada ancaman dan tindak-tindak kekerasan yang berpotensi untuk terjadi. Dalam posisi seperti itu bisa jadi kita bagaikan domba ditengah serigala. Domba dilempar di tengah-tengah serigala? Kalau tidak pintar-pintar, habislah kita.

Oleh karena itulah kita diingatkan agar pintar memilih momen dan bersikap. Tetap tulus seperti merpati, bukan karena adanya agenda-agenda pribadi tetapi semata-mata atas dasar kerinduan membawa kabar keselamatan kepada banyak orang. Disamping tulus, hendak pula kita cerdik dalam melakukannya. Bukan dengan paksaan, kasar, dengan menjelek-jelekkan, atau melakukan bentuk-bentuk negatif yang membuat risih orang lain. Melakukan dengan tulus atas dasar kasih dan mengambil jalan-jalan yang baik, elegan dengan rasa hormat dan lemah lembut, itulah yang seharusnya kita pilih dalam mewartakan Injil keselamatan kepada orang lain.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker