Wednesday, April 12, 2023

Intan (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaan: Yehezkiel 3:8-9a
======================
"Lihat, Aku meneguhkan hatimu melawan mereka yang berkepala batu dan membajakan semangatmu melawan ketegaran hati mereka. Seperti batu intan, yang lebih keras dari pada batu Kuteguhkan hatimu; janganlah takut kepada mereka dan janganlah gentar melihat mukanya, sebab mereka adalah kaum pemberontak."


"Say it with diamonds." Nyatakan cinta dengan batu berlian. Wow. Ini menjadi sebuah keharusan saat mau menikah di jaman modern karena dianggap melambangkan keabadian, kemilau indah dan berharga. Seorang pelanggan saya bercerita bahwa ia lumayan kelimpungan di masa pasca pandemi ini saat hendak menikahkan anaknya. Kalau dulu di masa bapak dan ibu hendak menikah biaya yang dibutuhkan cukup mahar dan pesta ala kadarnya, sekarang ada biaya cincin berlian, foto pre wedding yang membuat biaya makin membengkak. Saya hanya tersenyum, karena gaya hidup di jaman sekarang memang berbeda dari jaman saat orang tua kita. Mau pro atau kontra dengan hal yang sepertinya wajib di jaman sekarang ini, tapi setidaknya kita akan setuju kalau berlian memang sebuah produk batu mulia yang punya nilai tinggi dan indah.

Selanjutnya, apa bedanya intan dan berlian? Begini. Intan adalah batu mulia yang masih mentah  alias raw material yang diperoleh dari hasil penambangan. Secara kimia intan merupakan bentuk kristal dari karbon. Sedangkan berlian adalah bentuk jadi dari intan, yang sudah diolah melalui proses penggosokan, pemotongan sesuai kaidah dan siap dijadikan perhiasan. Batu berlian sering digunakan untuk saat-saat spesial seperti pernikahan misalnya, karena seperti yang saya sebut di awal, selain indah dan bernilai tinggi, berlian juga dianggap menggambarkan keabadian. Batu berlian bisa begitu menakjubkan keindahannya karena bisa mendispersikan cahaya sehingga terlihat berkilauan.

Tapi ada lagi keistimewaan intan selain dipakai untuk membuat berlian yang mahal dan indah, dan keistimewaan lain itu adalah tingkat kekerasannya. Intan disebut sebagai batu mineral dengan tingkat kekerasan yang paling tinggi di antara batu-batu lainnya sehingga kerap dipakai untuk memotong benda-benda yang sangat keras. Karena itu intan dipakai sebagai mata bor untuk menembus atau memotong benda-benda dengan tingkat kekerasan yang sangat tinggi.

Dunia yang kita hadapi bukanlah dunia yang mudah. Ada banyak godaan, ada banyak tantangan, dan selain itu ada banyak pula penyesatan yang datang dari berbagai sisi. Ada yang jelas-jelas kasat mata, ada yang terselubung. Saking terselubungnya kita bisa tertipu, bahkan mengira kalau itu adalah sesuatu yang benar kalau kita tidak se-benar-benar-nya mengetahui apa saja Firman Tuhan yang disampaikan di dalam Alkitab.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker