Sunday, December 4, 2022

Tanpa Kasih, Sia-Sia (2)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Mari kita lanjutkan ayat berikutnya. Paulus berkata: "Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku." (ay 3).

Suka menyumbang, beramal? Banyak menyumbang untuk gereja? Atau bahkan merelakan diri untuk dibakar karena keyakinan?  Paulus mengatakan bahwa semua itu tidaklah ada manfaatnya sama sekali jika tidak ada kasih.

Banyak orang yang mengira bahwa semakin banyak kita memberi sumbangan, maka itu berarti kita semakin mengasihi. Padahal sebenarnya pemberian bisa saja didasari oleh beribu macam alasan kan? Bisa saja dengan tujuan mengambil hati, menyogok, atau pamrih dengan berharap mendapat balasan atas apa yang sudah diberikan, juga bisa jadi karena ingin terlihat hebat. Motivasi memberi bisa macam-macam, dan belum tentu kasih yang mendasari kita melakukan itu.

Akan hal ini, mari kita lihat apa yang dikatakan Yesus. "Jadi apabila engkau memberi sedekah, janganlah engkau mencanangkan hal itu, seperti yang dilakukan orang munafik di rumah-rumah ibadat dan di lorong-lorong, supaya mereka dipuji orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya." (Matius 6:2). Sekali lagi, sebuah pemberian bisa didasarkan oleh harapan akan sebuah imbalan atau balas jasa, mengharapkan pujian, agar keinginan kita dipermudah dan sebagainya.

Atau jangan-jangan kita malah mengira kita bisa menyuap Tuhan dengan melakukan pemberian yang besar. Ini seringkali dilakukan banyak orang. Dengarlah apa kata seorang pelayan Tuhan pada suatu kali yang membuat saya geleng-geleng kepala. Ia mengatakan bahwa ia melayani agar usahanya berjalan baik dan mendapat untung banyak. Itu jadi motivasinya, bukan karena ia mengasihi Tuhan dan menyadari bahwa talentanya bisa dipakai untuk memberkati orang lain.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker