Sunday, December 18, 2022

Saya Sedang Ujian (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 

 Ayat bacaan: Amsal 24:10
====================
"Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu."


Kita menghabiskan hampir 20 tahun untuk mengenyam pendidikan formal. Bisa lebih jika ada yang ingin melanjut ke jenjang pasca sarjana. Ayah saya memperoleh gelar sarjana hukum di usia 67 tahun, dan itu setelah ia mencapai tingkat profesor dari bidang medis. Dan di usia seperti itu, sama seperti anak sekolah atau mahasiswa, ia pun harus menempuh ujian, skripsi dengan bimbingan dosen dan tugas-tugas hingga bisa berhak menyandang gelar tersebut. Ujian? Ya, ujian. Ujian adalah sesuatu yang wajib kita hadapi kalau kita mau naik kelas atau mau lulus. Namanya ujian, itu akan menjadi sarana menguji kita apakah kita sudah cukup memahami materi pelajaran dan layak untuk naik ke tingkat selanjutnya. Ujian akhir akan menentukan apakah kita pantas mengakhiri pendidikan dan memperoleh gelar.  

Sekarang, mari kita kilas balik ke masa-masa dimana kita sering ujian. Bagaimana suasana ketika kita sedang menghadapi ujian baik di tingkat sekolah maupun kuliah? Biasanya suasana yang muncul adalah suasana tenang dan hening. Selain yang ujian juga sibuk dengan materinya, hampir tidak ada pengawas yang malah ribut-ribut ketika sedang mengawas ujian, kecuali pengawasnya tidak bertanggung jawab atau tidak benar.

Agaknya itu menjadi bahan perenungan bagi Rick Warren sehingga ia pada suatu kali berkata: "The teacher is always silent when the test is given. If God is silent in your life right now, it's a test of faith."

Rick Warren menyinggung saat-saat dimana Tuhan memilih untuk diam, bukan dengan tujuan untuk membiarkan kita menderita atau tidak peduli terhadap persoalan kita, tetapi karena Dia menginginkan sebuah pertumbuhan iman yang signifikan demi kebaikan kita sendiri, dan Rick mengambil contoh yang mudah dicerna lewat sikap seorang guru ketika mengawasi ujian.

Sekali lagi, ujian merupakan sesuatu yang suka tidak suka, mau tidak mau harus kita hadapi jika kita mau naik kelas atau naik ke tingkat yang lebih tinggi. Tidak ada orang yang naik kelas dan lulus tanpa melalui ujian bukan? Karenanya contoh sederhana yang disampaikan Rick Warren ini rasanya akan mudah untuk kita mengerti dalam hubungannya dengan saat-saat ketika Tuhan memutuskan untuk berdiam diri disaat kita tengah menghadapi kesesakan.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker