Wednesday, October 12, 2022

Vitamin dan Iman (2)

webmaster | 9:00:00 PM |

 
(sambungan)

2. Iman tidak berfungsi jika tidak diterapkan

Ayat selanjutnya kemudian berkata sebagai berikut: "Tetapi aku bertanya: Adakah mereka tidak mendengarnya? Memang mereka telah mendengarnya: "Suara mereka sampai ke seluruh dunia, dan perkataan mereka sampai ke ujung bumi." Tetapi aku bertanya: Adakah Israel menanggapnya?" (ay 18-19a). Ayat ini dengan jelas mengingatkan bahwa meski iman timbul dari pendengaran akan Firman Tuhan, kita jangan sampai berpuas diri dan berhenti pada mendengar saja, tetapi juga harus menanggapinya dengan menerapkan firman Tuhan itu dalam setiap sisi kehidupan kita. Practice the faith and do something in your every day life based on faith. Jadi setelah mengisi diri kita dengan firman Tuhan, langkah selanjutnya adalah menerapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Itu akan membuat iman tertanam kuat dan bertumbuh dalam diri kita.

3. Iman bukan cuma masalah hati, tapi juga lidah (perkataan)

Masih dari pasal yang sama, Paulus mengatakan demikian: "Tetapi apakah katanya? Ini: "Firman itu dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu." Itulah firman iman, yang kami beritakan. Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan." (ay 8-10).

Perhatikan bahwa Firman itu dekat, sedekat dalam mulut dan hati. Percaya dalam hati, sesuai Firman yang didengar dan dibaca, maka kita orang percaya akan dibenarkan. Dan Firman yang diperkatakan dengan mulut akan membuat kita diselamatkan. Memperkatakan Firman adalah hal penting lainnya yang akan mengaktifkan iman.

Perhatikanlah bahwa semua mukijzat itu muncul didahului perkataan. Kita mengungkapkan pikiran, perasaan maupun gagasan-gagasan melalui perkataan yang keluar dari mulut kita. Perkataan, sadar atau tidak, akan menentukan arah hidup kita, bahkan membentuk seperti apa hidup kita. Perkataan akan sangat berpengaruh pada jalan pikiran dan cara hidup kita.

Orang yang perkataannya dipenuhi keluh kesah dan hal-hal negatif akan hidup dipenuhi kekuatiran. Orang yang perkataannya suka mencari kambing hitam, menyalahkan orang lain akan hidup dengan penuh kecurigaan.

Maka Firman Tuhan bisa dianggap sebagai bahasa iman yang hendaknya menjadi hal yang memenuhi mulut kita. Dari hati yang dipenuhi Firman, maka mulut kita seharusnya mengeluarkan Firman pula. Firman bukan cuma harus memenuhi diri kita, tapi harus pula diperkatakan. Disanalah kuasa Tuhan akan bekerja, dan disanalah ada berkat bahkan mukjizat.

Dalam Ibrani tertulis bahwa "Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat." (Ibrani 11:1). Lihatlah bahwa iman sangatlah penting bagi kita. Tanpa iman kita akan sulit untuk menjalani hidup dengan tenang, tanpa rasa kuatir, takut dan tanpa harus kehilangan sukacita. Meski apa yang kita hadapi masih tidak kunjung berubah saat ini, meski situasi sedang tidak baik-baik saja, iman akan memampukan kita untuk melihat jauh ke depan, membuat kita tidak mudah kehilangan pengharapan. Iman akan membuat kita bisa memegang teguh janji Tuhan meski kita belum melihatnya saat ini. Iman sebesar biji sesawi sekalipun bahkan dikatakan Yesus sanggup memindahkan gunung. Kalau iman begitu penting, maka kita perlu tahu bagaimana kita bisa memperolehnya, dan Paulus lewat ayat bacaan hari ini sudah memberitahukan caranya.

Jika untuk memperoleh asupan vitamin kita tahu sumbernya, iman pun seperti itu. Iman akan timbul dari pendengaran, dan pendengaran akan firman Kristus. Faith comes by hearing and what is heard comes by the preaching of Christ. Semakin banyak anda dengar, maka iman anda akan semakin bertumbuh. Roh Kudus kemudian akan memindahkan firman (logos) yang anda baca dan dengar itu ke dalam hati menjadi rhema.

Terus baca, dengar, kemudian percaya, perkatakan dan terapkan dalam hidup sehari-hari. Jika anda melakukannya, anda akan melihat bahwa setiap rhema yang anda dapat dari Roh Kudus lewat logos yang terus anda dengar dan baca akan membuat anda punya lebih dari cukup amunisi untuk menjalani kehidupan yang tidak mudah, bahkan punya kekuatan  merubah hidup anda secara luar biasa.

Miliki iman dan alami pertumbuhannya lewat pendengaran akan firman Kristus dan perkatakanlah

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker