Saturday, October 8, 2022

Congkak (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaan: Amsal 16:18
=======================
 "Kecongkakan mendahului kehancuran, dan tinggi hati mendahului kejatuhan."


Di jaman dengan generasi digital ini, semua berita bisa cepat tersebar. Saya yakin dari dulu orang-orang arogan di jalanan itu banyak, tapi sekarang tingkah laku mereka bisa terlihat oleh masyarakat dan kalau konyol keterlaluan jadi viral. Maka hampir tiap hari ada saja tingkah laku orang arogan ini yang terekam kamera, mulai dari nyerempet, memaki, memukul sampai mengeluarkan senjata. Lucunya, begitu terciduk mereka bisa berubah drastis sikapnya. Apakah waktu emosi tidak dipikirkan dampak yang mungkin terjadi? Apa tidak malu kalau jadi viral dan ditonton orang banyak? Ya, kembali lagi pada sikap, tingkah laku, dan keputusan masing-masing. Apapun yang kita lakukan itu akan selalu ada konsekuensinya baik ringan maupun berat. Bermula dari rasa arogansi, atau pride yang tidak terkendali, sesuatu yang buruk bisa terjadi. Alkitab bahkan mengatakan sikap itu mendahului kehancuran dan kejatuhan.

Kalau bukan soal pengemudi arogan, ada banyak pula selebritas yang sikapnya berubah jadi arogan saat mulai mencapai ketenaran. Tidaklah heran kalau kita sudah begitu seringnya melihat contoh dari mereka yang karirnya naik bak komet, tapi belum lama diatas sudah terjun bebas lagi dengan lebih cepat. Karir mereka akan menjadi sangat singkat, padahal banyak dari mereka sebenarnya punya potensi besar untuk sukses dalam rentang waktu yang panjang. Lagi-lagi, they should listen to what the Bible said, sikap seperti itu mendahului kehancuran dan kejatuhan.

Lihatlah apa yang tertulis di dalam kitab Amsal berikut ini:  "Kecongkakan mendahului kehancuran, dan tinggi hati mendahului kejatuhan." (Amsal 16:18).

Apakah teman-teman masih mengenal kata congkak? Kata ini semakin jarang kita dengar. Kalau mengacu pada kamus, congkak adalah sebuah sikap yang merasa dan bertindak dengan memperlihatkan diri sangat mulia (pandai, kaya dan seterusnya). Adakah perbedaan congkak, tinggi hati dengan arogansi dan sombong? Kalaupun ada, bedanya tipis sekali. Tapi satu hal yang pasti, baik congkak, tinggi hati, arogan maupun sombong sama-sama mendahului kehancuran dan kejatuhan. menuju kehancuran.

Kita sudah diingatkan sejak lama untuk menjaga sikap jauh dari sikap congkak dan tinggi hati. Ayat Amsal 16:18 di atas dalam bahasa Inggrisnya berbunyi: "Pride goes before destruction, and a haughty spirit before a fall." Sudah sangat banyak orang sukses lalu jatuh sebagai bukti dari kebenaran Firman ini. Mereka mengalami akhir karir jauh lebih cepat dari yang sebenarnya bisa mereka capai. Belum lagi kalau bicara betapa ruginya menjadi orang yang tidak disukai atau dibenci oleh orang lain. Sebab, siapa yang suka berteman dengan orang bertipe congkak, tinggi hati atau arogan dan sombong? Kalau sudah begitu, bagaimana kita bisa menjadi berkat buat banyak orang?



Pertanyaan berikutnya adalah, apakah ada sesuatu yang pantas kita jadikan dasar untuk bersikap congkak? Apakah kita punya alasan untuk menyombongkan diri dengan apa yang kita miliki hari ini? Yang sering terjadi adalah: ketika semua orang berharap dilimpahi berkat, banyak yang lupa mempersiapkan diri dan hatinya agar bisa menyikapi datangnya berkat dengan benar. Ironis sekali kalau melihat ada begitu banyak orang yang berubah menjadi sombong ketika mereka diberkati. Saat keberhasilan, kesuksesan, ketenaran atau popularitas hadir, saat itu pula banyak orang langsung terjebak pada dosa kecongkakan dan sikap-sikap sejenis. Dan Tuhan jelas-jelas tidak menyukai sikap ini.

Mengapa?

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker