Friday, October 7, 2022

Korah (3)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)


Korah dan orang-orangnya akhirnya binasa, turun hidup-hidup ke dunia orang mati. Hukuman Tuhan jatuh atas orang-orang sombong yang melupakan hakekat dirinya lalu berani melawan Tuhan. Ayat ini berkata dengan tegas agar hendaknya kita menjadikannya peringatan, jangan sampai kita mengulangi kesalahan yang sama dalam hidup kita hari ini.

Percaya diri itu baik. Mengetahui potensi dan kemampuan pun tentu baik. Menghargai diri sendiri itu juga baik. Tidak salah juga kalau kita bersyukur atas kesuksesan yang kita raih sebagai buah dari kerja keras kita. Tapi jika itu kita nikmati secara berlebihan, kita bisa terjatuh kepada berbagai dosa yang akan membuat apa yang telah susah payah kita bangun menjadi luluh lantak dalam sekejap mata.

Ketika kita sudah berhasil, hal terbaik yang harus kita lakukan adalah mengeluarkan ucapan syukur. Bersyukurlah kepada Tuhan yang telah memberikan itu semua. Bersyukurlah atas segala karunia, bahwa kita diberi kesehatan dan kekuatan, diberikan nalar, pikiran dan akal budi, diberikan kemampuan, ketekunan dan kesabaran hingga kita bisa mencapai keberhasilan itu. Dan jangan berhenti disitu, tapi pertahankanlah kesuksesan itu dan jauhilah segala hal yang bisa menjatuhkan kita.

Dari kisah Korah hendaknya kita bisa belajar bahwa jika kita tidak hati-hati menyikapi keberhasilan, jika kita bermegah dan lupa dari mana keberhasilan kita sesungguhnya berasal, jika kita jatuh pada dosa kesombongan, kita bisa menuai kehancuran yang tentu saja tidak satupun dari kita menginginkannya.

Selalu ingat bahwa Di luar Tuhan kita bukanlah apa-apa (Yohanes 15:5). Jangan lupa diri sehingga merasa bahwa kitalah yang terhebat kemudian melupakan dan merebut kemuliaan yang menjadi hak Tuhan. Ketika kita menjadi sukses, jagalah prestasi itu dengan baik, teruslah bersikap rendah hati, berkati orang lain lebih lagi dan teruslah muliakan Tuhan. Tetap jaga garis batas yang ditetapkan Tuhan bagi kita, dan waspadalah terhadap dosa kesombongan. Ada banyak jebakan yang siap memerangkap kita dibalik setiap kesuksesan, oleh karenanya kita harus tetap waspada agar apa yang telah kita bangun tidak musnah tetapi akan terus mengarah kepada keberhasilan demi keberhasilan lainnya yang akan mengikuti setiap langkah kita.

Sikapi keberhasilan dengan bijaksana sebelum itu menghancurkan kita

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker