Saturday, October 29, 2022

Belajar dari Kisah Zakeus (4)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

3. Kalau Tuhan mau menjangkau orang berdosa, bagaimana dengan kita?

Hal ketiga yang bisa kita jadikan pelajaran dari kisah Zakheus adalah, jika Tuhan saja mau menjangkau orang berdosa, yang tertolak atau yang dianggap hina dimata masyarakat, mengapa kita tidak mau melakukannya? Kenapa kita malah sering terjebak menganggap bahwa mereka memang tidak pantas diselamatkan, atau jangan-jangan malah mengutuk mereka?

Seperti halnya diri kita,  mereka pun merupakan ciptaan Tuhan yang Dia kasihi, dan sama-sama Dia inginkan untuk selamat. Aliran kasih Tuhan bisa tersalur kepada mereka lewat kita, representatif Kerajaan Allah di muka bumi pada saat ini. Begitu pentingnya pesan ini maka Yesus pun menyatakan "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku." (Matius 25:40).

Sayangnya, masih sedikit dari orang percaya yang punya prinsip seperti itu. Alih-alih menjangkau, yang ada malah ikut mencemooh, mengolok-olok hingga menghujat dan menghakimi. Bahkan sampai hari ini, masih ada gereja yang mengusir jemaatnya yang dianggap berdosa. Alasan menjaga agar jemaat tetap kondusif, tidak mau terlibat, takut kehilangan jemaat, takut digosipkan dan lain-lain bisa jadi alasan yang dilemparkan gereja-gereja seperti ini untuk melakukan pengusiran. Padahal, bukankah justru mereka yang perlu diselamatkan? Bukankah mereka yang justru perlu dijangkau dan dimenangkan? 

Apa kabar dengan menjadi terang dan garam dunia dan menjadikan seluruh bangsa muridNya? Kalau gereja saja masih ada yang seperti itu, bagaimana bisa berharap para jemaat bisa berfungsi maksimal sebagai murid Kristus dalam menjangkau jiwa-jiwa? Bagaimana kita bisa berharap adanya perubahan ke arah yang lebih baik, apalagi transformasi? Bayangkan betapa sedihnya Yesus melihat mereka yang mengaku murid-muridNya tapi berperilaku seperti orang farisi. Jangan, jangan sampai kita ikut terjebak dengan perilaku seperti itu.


(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker