Monday, October 31, 2022

Di Pihak Siapa? (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaan: 2 Tawarikh 15:2
============================
"Ia pergi menemui Asa dan berkata kepadanya: "Dengarlah kepadaku, Asa dan seluruh Yehuda dan Benyamin! TUHAN beserta dengan kamu bilamana kamu beserta dengan Dia. Bilamana kamu mencari-Nya, Ia berkenan ditemui olehmu, tetapi bilamana kamu meninggalkan-Nya, kamu akan ditinggalkan-Nya."


Kalau kita menonton pertandingan tinju, kita biasanya punya favorit sendiri yang kita harapkan menang. Kalau benar menang kita senang, kalau kalah kita kecewa. Kenapa kita senang? Karena kita merupakan pendukungnya, artinya ada di pihaknya. Sekarang, kalau ada dua hamba Tuhan yang berselisih paham, biasanya masing-masing punya pendukung atau pembelanya. Bagaimana dengan Tuhan? Pada suatu kali, seorang hamba Tuhan yang bertikai dengan hamba lainnya bercerita di mimbar tentang hal itu. Yang membuat saya tergelitik adalah saat ia berkata bahwa "Tuhan pasti ada di pihakNya", disertai ajakan untuk mengatakan amin.

Buat saya hal ini sudah kejauhan. Pertama, Tuhan saja sudah membenci permusuhan apalagi perceraian. Kemudian, masa Tuhan diajak berkubu, dan diklaim memihak sebelah? Buat saya, ini adalah gambaran bagaimana kita cenderung terlalu menggampangkan istilah Tuhan beserta kita atau Tuhan berada di pihak kita.

Ayat dalam Roma 8:31 yang berbunyi "jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?" dikutip dan disadur bebas begitu saja. Benar, Allah itu Maha Kuasa. Apapun bisa Dia lakukan, tidak ada yang terbatas bagiNya. Tapi apakah itu bisa seenaknya dipakai sebagai pembenaran atas perilaku kita? Apakah kita boleh sembrono, berlaku sesuka kita lantas menempatkan Tuhan sebagai tameng?

Padahal, ayat di atas dimulai dengan kata 'jika'. Jika itu bisa ya dan bisa juga tidak.

Kalau begitu pertanyannya adalah: kapan Allah ada di pihak kita?

(Bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker