Tuesday, October 11, 2022

Vitamin dan Iman (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaan: Roma 10:17
==============
"Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus."


Saat pandemi mulai masuk ke negara kita dan membuat hidup kita seketika berubah drastis, salah satu yang terus dianjurkan oleh para pakar kesehatan adalah agar kita meningkatkan daya tahan tubuh kita. Dari mana? Sumber utamanya yang mereka terus sampaikan adalah dengan mengkonsumsi vitamin, berolah raga dan cukup istirahat, disamping tentunya terus membiasakan diri mematuhi protokol kesehatan. Tubuh kita sangat butuh diperlengkapi agar tidak rentan saat harus berhadapan dengan virus yang bisa setiap saat menyerang. Apalagi masa di awal-awal sebelum ada vaksin, dan saat kita masih belum terbiasa dengan penerapan protokol kesehatan. Vitamin pun mendadak jadi salah satu most wanted items, dan sempat pula ludes di pasaran. Selain dari vitamin berbentuk tablet, tentu saja kita bisa mendapatkan vitamin dari apa yang kita makan. Buah-buahan mengandung vitamin C, dan jika dikonsumsi tentu mampu meningkatkan daya tahan tubuh.  Baik dari yang sudah tinggal glek seperti tablet, yang tinggal minum dalam bentuk cairan, maupun lewat buah-buahan, semuanya sama menjadi sumber kita mendapatkan asupan vitamin yang akan sangat berguna terutama dalam menghadapi situasi darurat yang datangnya mendadak seperti apa yang kita alami sejak dua tahun lebih yang lalu.

Dalam perjalanan hidup kita, bukan cuma vitamin yang kita butuhkan tapi terlebih iman. Iman yang mampu membawa kita tetap kuat dan tegar dalam menghadapi goncangan badai sebesar apapun, iman yang mampu membuat kita bisa tetap bertahan ditengah terpaan masalah. Seperti halnya vitamin, kita pun perlu tahu darimana sumber bagi kita untuk memperoleh iman. Dan itu bukanlah sebuah rahasia karena sumbernya sudah dengan sangat jelas ditulis di dalam Alkitab.

Mari kita lihat ayatnya.  "Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus." (Roma 10:17).

Paulus menulis bahwa seperti halnya kebutuhan kita akan vitamin C dari buah seperti jeruk misalnya, iman yang justru jauh lebih kita butuhkan ternyata  ada sumbernya, dan sebenarnya tidaklah sulit untuk kita dapatkan. Dari mana? Paulus bilang dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus. In short, faith comes by hearing and what is heard comes by the preaching of Christ.

Berkenaan dengan hal ini, ada beberapa hal yang penting untuk kita cermati mengenai iman.

1. iman bukanlah sesuatu yang otomatis ada

Iman bukanlah sesuatu yang langsung hadir. Iman butuh sumber, lalu butuh proses untuk bertumbuh. Layaknya tanaman yang harus ada benih dan kemudian dirawat dan dijaga agar tumbuh sehat dan tidak mati, demikian halnya dengan iman. Iman itu timbul dan bertumbuh lewat pendengaran akan firman Kristus. Namanya butuh proses, itu artinya iman tidak akan tumbuh kalau hanya dengan satu kali mendengar, tapi haruslah menjadi sebuah proses yang kontinu, terus menerus dan berkesinambungan. Dari mendengar kotbah, pengajaran, dari membaca dan merenungkan firman yang dilakukan secara rutin dan teratur, itu akan membuat iman kita bertumbuh seiring perjalanan waktu. Itu membutuhkan keseriusan dari kita, karena jika tidak, niscaya iman hanya akan mandek tumbuhnya kalau tidak kemudian 'mati'.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker