Thursday, June 1, 2017

Manual Kehidupan (1)

webmaster | 8:00:00 AM |
Ayat bacaan: Roma 15:4
===================
"Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci."

Coba lihat smart phone anda. Apakah anda sudah mengetahui seluruh fungsi dan fiturnya? Survey yang pernah saya baca mengatakan bahwa mayoritas hanya mempergunakan  fitur smartphonenya hanya sedikit saja, bahkan tidak sampai setengah dari kemampuan perangkatnya. Kebanyakan pengguna hanya memakai untuk chat, text message, aplikasi-aplikasi termasuk game, kamera, browsing dan email. Sisanya jarang diakses kebanyakan orang.

Bagi saya yang berprofesi sebagai jurnalis, saya sering mempergunakan voice recording dalam melakukan sesi wawancara. Lalu fitur Assistive Touch di iPhone agar tombol jangan jadi cepat rusak akibat kebanyakan dipencet. Dan 'asisten pribadi' Siri sangat membantu pada saat saya mengemudi atau sudah terlalu malas untuk mengetik, memasang alarm dan sebagainya. Tampaknya sudah banyak, tapi masih ada sangat banyak fitur atau kemampuan dari gadget saya ini yang belum saya pakai. Bahkan saya yakin ada banyak yang belum saya ketahui. Apakah kita sudah tahu bagaimana cara merawat baterai supaya awet? Apakah kita sudah tahu bahwa berbagai gambar atau chat history turut menghabiskan jatah storage space? Bagaimana cara membersihkan cache atau cookies yang seringkali membuat gadget kita lemot atau berat? Semua ini sangat penting agar gadget bisa berfungsi maksimal. Dan untuk itu kita tentu butuh manual atau panduan, baik dari buku manual yang kita peroleh pada saat membelinya atau mencari panduan di berbagai situs di internet.

Semakin rumit pengoperasian sebuah alat, semakin besar pula kebutuhan kita akan buku manual. Sebuah buku manual bisa memandu pemilik dalam memahami berbagai fitur, fungsi dan kegunaan dari alat tersebut. Mungkin saja seseorang bisa mempergunakan alat tanpa buku manual, tapi akan ada banyak fungsi yang terlewatkan. Sebuah buku manual yang baik akan memberi petunjuk pemakaian secara lengkap hingga ke detail-detailnya, semua fitur dan fungsi dari alat tersebut dan berbagai kemungkinan kerusakan; apa yang bisa menjadi penyebabnya sehingga harus dihindari dan bagaimana solusi untuk mengatasinya.

Lantas bagaimana dengan hidup kita? Hidup itu tidak mudah bahkan sewaktu-waktu bisa sangat rumit. Ada begitu banyak masalah baik besar dan kecil yang datang dan pergi, ada banyak pertanyaan dan problematika yang membuat kita harus punya solusi untuk menyelesaikannya. Karenanya kita tentu membutuhkan sebuah 'buku manual' yang bisa menuntun, menasihati, memberi masukan dan solusi. Bukankah akan sangat membantu jika kita memiliki buku manual tentang bagaimana cara menghadapi setiap jenis persoalan, apa yang harus dihindari, apa yang harus dilakukan, apa yang harus diingat dan apa yang harus diwaspadai agar hidup kita bisa berjalan baik hingga di masa kekekalan nanti? Manusia yang lemah sesungguhnya rentan untuk hancur berantakan jika tidak waspada, sama seperti alat yang bisa rusak dalam waktu singkat jika anda tidak tahu bagaimana memakainya.

Apakah ada buku panduan atau manual yang bisa memberikan tuntunan dalam menghadapi setiap sisi dalam hidup? Tentu saja. Kita punya Alkitab yang bisa menjawab segala persoalan, apa yang mungkin menjadi penyebabnya sekaligus memberi solusi yang lengkap.

Bagi saya yang pernah puluhan tahun berjalan tanpa tuntunan Firman, saya merasakan adanya perbedaan yang sangat besar sangatlah terasa setelah saya terus mendalami Firman-Firman yang ada di dalam Alkitab setiap hari. Saya sudah membuktikan betapa besar manfaat yang bisa diperoleh antara berjalan bersama Tuhan atau tidak. Semakin dalam saya menggali, semakin banyak pula yang saya dapatkan. Dan hebatnya, seringkali ayat yang sama menjawab permasalahan berbeda dengan implikasi berbeda. Tentu saja saya tidak bermaksud untuk mengiming-imingi anda bahwa anda akan 100% hidup tanpa masalah kalau mendasari hidup dengan Firman. Tapi anda akan tahu betapa tenangnya jika anda berjalan bersamaNya, betapa anda ternyata dilengkapi oleh sebuah buku manual yang sangat lengkap, solutif dan berisi banyak janji yang bisa secara nyata dibuktikan saat anda melakukan apa yang menjadi bagian anda. Semua terbukti dengan jelas. Anda bisa berjalan dengan baik bahkan terus menapak naik tanpa peduli lagi terhadap besar kecilnya atau banyak tidaknya masalah.

Dalam surat Korintus dikatakan bahwa yang diberitakan adalah "hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita". (1 Korintus 2:7). Ada sangat banyak rahasia-rahasia yang tersembunyi di balik setiap ayat dalam Alkitab, yang oleh karunia Roh Kudus disingkapkan untuk membuat kita hidup lebih baik lagi dari hari ke hari sesuai dengan rencanaNya. Anda bisa bayangkan apabila secuil saja rahasia Kerajaan ini dibuka buat kita, kita tentu akan jauh terbantu dalam menjalani hidup. Apalagi jika mendalami seluruhnya. Hidup tentu bisa lebih baik, tidak lagi perlu terombang-ambing tanpa arah bagai layangan putus.

Ayat bacaan kita hari ini juga mengingatkan kita akan hal ini. "Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci." (Roma 15:4). Firman Tuhan mengatakan bahwa semua itu telah ditulis bagi kita dengan tujuan agar kita bisa berpegang kuat kepada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan. Tuhan sediakan itu semua bagi kita agar kita bisa mendapat pelajaran mengenai bagaimana mengalami kehidupan yang berkemenangan.

(bersambung)


No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Prayer Request

Community

Stats

eXTReMe Tracker