Sunday, December 11, 2016

Christlikeness in the Spirit of Our Mind (2)

webmaster | 8:00:00 AM |
(sambungan)

Ayatnya berbunyi sebagai berikut: "yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan, supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya." (Efesus 4:22-24). Dalam bahasa Inggrisnya ayat ini disebutkan: Be constantly renewed in the spirit of your mind. Roh kita sudah diperbaharui, maka pemikiran kita pun seharusnya mengikuti itu.

Pikiran dan perasaan adalah ruang-ruang yang harus selalu diisi dengan kebenaran karena keduanya bisa saling meracuni dan saling merusak. Tanpa dipimpin oleh kebenaran, keduanya bisa kacau dan akan menghasilkan sebuah kehidupan yang kacau pula.  Jadi meletakkan pikiran dan perasaan seperti Kristus akan membawa kita kepada sebuah kondisi kehidupan yang dinamis, indah dan penuh sukacita, hidup yang benar dan tentu akan mengarah kepada jaminan keselamatan yang telah dianugerahkan lewat karya penebusanNya.

Alangkah sayangnya apabila kita yang seharusnya sudah diubahkan menjadi manusia baru tapi masih juga belum bisa menanggalkan berbagai pemikiran-pemikiran lama, masih terpusat pada kepentingan dan hal-hal yang menyenangkan atau memuaskan secara pribadi saja, tanpa tergerak sedikitpun untuk memikirkan saudara-saudara kita lainnya yang tengah menghadapi penderitaan.

Kalau kita peka, ada begitu banyak orang yang sedang menangis memohon belas kasih akibat beratnya beban hidup yang harus mereka tanggung. Ada banyak yang masih membutuhkan pertolongan untuk meringankan beban mereka. Ketika Yesus sudah melakukan itu semua lewat kedatanganNya ke dunia ini, sudahkah kita merepresentasikan semangat Kristus itu bagi sesama kita? Apakah kita mau merendahkan diri kita juga untuk berkorban, melayani dan membantu saudara-saudara kita yang sedang menderita seperti halnya Yesus? Apakah kita meletakkan pikiran dan perasaan kita seperti Kristus, memiliki rasa belas kasih dan kerinduan untuk memberkati banyak orang, menjadi saluran berkat Tuhan kepada sesama?

Tidak akan ada perayaan Natal jika Kristus tidak datang ke dunia untuk menebus kita. Dia telah mengosongkan diri, mengambil rupa seorang hamba dan taat sampai mati di kayu salib sehingga memungkinkan kita untuk menikmati hadirat Tuhan hari ini dan mendapat jaminan keselamatan dalam kehidupan kekal. Demikian pula seharusnya kita bersikap. Akan sangat indah apabila Natal tahun ini kita isi dengan semangat melayani dan menjadi saluran berkat. Akan sangat baik jika Natal tahun ini menjadi titik tolak kita untuk menempatkan pikiran dan perasaan kita seperti yang terdapat pula dalam Kristus. Marilah kita lebih peka dan peduli lagi terhadap sesama kita.

Semangat Natal sesungguhnya adalah semangat yang meneladani Kristus, dimana kita mau meluangkan waktu, tenaga dan sebagian dari yang kita miliki untuk membantu dan melayani sesama. Mereka pun ada dalam kasih Tuhan, mereka terlukis dalam telapak tanganNya dan tergambar dalam ruang mataNya. Tuhan mengasihi mereka sama seperti Tuhan mengasihi kita. Kalau Tuhan saja mengasihi mereka, kita pun sudah selayaknya mengasihi mereka juga. Membantu mereka yang kekurangan, membagi sukacita dan berkat kepada mereka, sehingga mereka bisa tersenyum dan dapat merayakan kelahiran Kristus bersama kita tanpa harus menangis lagi. Tidak ada salahnya bagi kita untuk menyambut Natal dengan perayaan-perayaan penuh sukacita, tapi jangan lupakan mereka yang membutuhkan uluran tangan kita. Let's do something so they can also feel the joy the way we do. 

Mari sama-sama buat perayaan Natal bermakna dengan berbagi dan peduli terhadap sesama

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Prayer Request

Community

Stats

eXTReMe Tracker