Friday, April 22, 2016

Mendoakan dan Mengucapkan Berkat dengan Syalom (1)

webmaster | 10:00:00 PM |
Ayat bacaan: Mazmur 122:8-9
==================
"Oleh karena saudara-saudaraku dan teman-temanku aku hendak mengucapkan: "Semoga kesejahteraan ada di dalammu!" Oleh karena rumah TUHAN, Allah kita, aku hendak mencari kebaikan bagimu."

Syalom. Kata itu tentu tidak lagi asing bagi kita, dan sering kita ucapkan ketika bertemu dengan teman-teman atau kepada jemaat lainnya ketika beribadah sambil berjabat tangan. Saya pernah pula melihat sticker di tempel di belakang mobil bertuliskan syalom. Secara tidak langsung, si pemilik mobil sudah mengucapkan syalom kepada siapapun yang berada di belakangnya. Mau dibalas atau tidak, lewat sticker ia melepaskan kata yang penuh berkat ini kepada orang lain, meski yang tidak ia kenal.

Kata syalom atau shalom berasal dari bahasa Ibrani. Dalam penggunannya di bahasa asli, kata shalom dipakai dalam beberapa pengucapan. Salah satunya adalah yang sering kita dengar karena sangat mirip, yaitu Shalom Aleichem. Ada kesamaan bahasa yang sejenis misalnya dalam bahasa Arab, kita di Indonesia dan orang India pun mengucapkan kata 'salam' yang punya kemiripan dengan syalom.

Bagi anda penggemar film Star Trek, tokoh bertelinga panjang bernama Spock suka menyampaikan salam dengan memisahkan jari telunjuk dan tengah dengan jari manis dan kelingking yang membentuk 'V', lantas berkata "live long and prosper" yang dalam beberapa kesempatan di respon oleh bangsanya yaitu bangsa Vulcan dengan "peace and long life", itu pun sangatlah mirip dan terinspirasi oleh kata syalom ini.

Banyak yang mengira bahwa syalom cuma kata sapaan biasa. Tetapi sesungguhnya kata ini lebih dari sekedar ucap sapaan. Syalom bukanlah hanya 'apa kabar'. Kata ini mengandung arti yang sangat memberkati, yang kalau kita ucapkan kepada orang lain bisa membawa berkat berimplikasi luas dalam kehidupan mereka. Itulah sebabnya kata ini dianggap tabu diucapkan kepada orang yang berbeda kepercayaan oleh sebagian dari saudara-saudara kita di luar sana. Tetapi untuk kita orang percaya, kita boleh, bahkan wajib mengucapkan kata-kata berkat kepada siapapun tanpa melihat keyakinan yang mereka anut.

Apa yang dimaksud dengan shalom? Kalau diterjemahkan langsung, Shalom berarti sejahtera sepenuhnya, tidak ada yang kurang, tidak ada yang pecah, kelengkapan, kesehatan. Syalom meski cuma satu kata singkat dan sederhana sebenarnya punya power yang sangat besar, karena berisikan serangkaian doa dari yang mengucapkan kepada yang diucapkan, menyangkut berbagai hal seperti:
- Proteksi: meminta supaya perlindungan Tuhan turun pada hidup mereka
- Keamanan
- Kesehatan
- Kemakmuran, Sentosa
- Keadaan baik, tidak celaka
- Ketentraman

Jadi ketika kita bertemu dengan saudara-saudari kita, dengan mengucapkan syalom yang disertai niat maka itu artinya kita mendoakan mereka, kiranya mereka mendapatkan segala kebaikan dari Tuhan seperti rincian poin-poin diatas. Ingatlah bahwa dalam ucapan salam sesungguhnya ada doa yang bisa kita sampaikan didalamnya, di balik perkataan ada kuasa, dan seperti renungan kemarin kita wajib mempergunakan kata-kata yang keluar dari mulut kita untuk memberkati supaya orang yang mendengarnya beroleh kasih karunia (Efesus 4:29).

Sebuah gambaran yang indah dari pengucapan syalom bisa kita lihat dalam ucapan doa sejahtera untuk Yerusalem yang tertulis dalam Mazmur 122:1-9.

"Berdoalah untuk kesejahteraan Yerusalem: "Biarlah orang-orang yang mencintaimu mendapat sentosa. Biarlah kesejahteraan ada di lingkungan tembokmu, dan sentosa di dalam purimu!" Oleh karena saudara-saudaraku dan teman-temanku aku hendak mengucapkan: "Semoga kesejahteraan ada di dalammu!" Oleh karena rumah TUHAN, Allah kita, aku hendak mencari kebaikan bagimu." (Mazmur 122:6-9).

Perhatikanlah rangkaian doa sejahtera yang diucapkan Daud ini baik-baik. Seperti itulah bentuk syalom yang sesungguhnya. Biarlah kesejahteraan dan sentosa ada di dalam rumah dan melingkupi segala aspek kehidupanmu. Bukankah ini sangat baik dan indah ketika kita ucapkan kepada orang lain?

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker