Wednesday, April 27, 2016

Jangan Menjauhi Kasih Karunia (1)

webmaster | 10:00:00 PM |
Ayat bacaan: Ibrani 12:15
==================
"Jagalah supaya jangan ada seorangpun menjauhkan diri dari kasih karunia Allah, agar jangan tumbuh akar yang pahit yang menimbulkan kerusuhan dan yang mencemarkan banyak orang."

Ada teman saya yang punya masa lalu kelam. Untunglah mereka masih punya kesempatan untuk menyesali semuanya lalu bertobat sungguh-sungguh dan kemudian memulai lembaran hidup baru. Selesaikah masalahnya? Ternyata tidak. Meski sudah bertobat, mereka ternyata masih percaya mereka sudah diampuni. Mereka tidak yakin nama mereka tercatat dalam kitab kehidupan, mereka tidak yakin atas keselamatan mereka. Kecemasan pun kemudian terus menjadi bagian hidup mereka. Dicekam rasa bersalah akibat masa lalu, merasa masih kurang meski mereka sudah berusaha hidup benar.

Apa yang ia alami mewakili banyak orang yang hari ini masih bergumul dengan problem yang sama. Sadarilah bahwa hal seperti ini seringkali menghambat pertumbuhan iman. Hidup tidak tenang Justru bukan karena dosa lagi, tetapi karena kecemasan yang terus menghantui diri mereka. Kalau dibiarkan, perasaan terus bersalah seperti ini bisa menjadi tempat bermain menyenangkan bagi iblis untuk terus berusaha menuduh dan mendakwa. Berbagai tipu muslihat si jahat akan terus membuat orang-orang yang bergumul ini semakin jauh dari sukacita, dan itu adalah hal yang seharusnya tidak boleh dibiarkan. Tuhan sudah berulang kali menyatakan bahwa Dia melimpahkan kasih karuniaNya kepada kita semua. Dan itu dia berikan justru ketika kita masih dalam keadaan berdosa. Itulah sebuah kasih karunia yang luar biasa yang diberikan Tuhan kepada kita, itulah hasil dari kasih Tuhan yang begitu besar pada kita.

Saya ingin menyambung mengenai kasih karunia. Kasih karunia merupakan kasih yang dicurahkan Tuhan kepada kita yang seharusnya tidak layak untuk menerimanya. Kalau kita menerima sesuatu yang layak, atas jerih payah kita, atau karena kehebatan kita, itu bukanlah kasih karunia. Kasih karunia ini dianugerahkan Tuhan kepada semua orang tanpa terkecuali tanpa memandang berat ringannya dosa di masa lalu.

Secara indah Firman Tuhan berkata "..dan di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah." (Roma 5:20). Ini artinya Tuhan justru membuka curahan kasih karunia lebih lagi di tempat atau saat mana dosa semakin meningkat. Begitu besarnya Tuhan mengasihi kita sehingga Dia justru melimpahkan kasih karuniaNYa untuk mengimbangi dosa. Semakin banyak dosa, semakin banyak pula Dia melimpahkan kasih karunia. Mengapa Tuhan melakukan hal itu? "supaya, sama seperti dosa berkuasa dalam alam maut, demikian kasih karunia akan berkuasa oleh kebenaran untuk hidup yang kekal, oleh Yesus Kristus, Tuhan kita." (ay 21). Itulah bentuk kepedulian dan besarnya kasih Allah kepada manusia. Dia tidak menginginkan satupun dari manusia untuk binasa. Lewat Yesus Kristus AnakNya yang tunggal, Tuhan menganugerahkan keselamatan kepada kita, sekali untuk selamanya.

Jika kita terus merasa tidak layak atau tidak pantas menerima keselamatan, sadarilah bahwa sebenarnya itu sama artinya kita menolak kasih karunia. Ambil sebuah contoh mengenai Petrus yang telah menyangkal Yesus tiga kali. Dalam Alkitab kita bisa membaca bahwa Petrus bukan hanya menyangkal, tetapi ia pun mengutuk dan menyumpah. (Matius 26:74). Kesalahan yang dilakukan Petrus itu sangat besar. Ia menghianati Pribadi yang telah mengangkatnya untuk masuk ke dalam terang. Lebih dari itu ia telah menistakan Tuhan. Seharusnya tidak ada ganjaran yang lebih tepat lagi selain binasa. Tapi lihatlah bagaimana kasih karunia Tuhan yang penuh dengan pengampunan itu bekerja.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker