Wednesday, November 29, 2023

Kota Yope dan Simon si Penyamak Kulit (8)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui tentang dirinya karena tertutupi kisah Tabita alias Dorkas, mungkin juga karena banyaknya nama Simon di dalam Alkitab. Tidak banyak pula yang membahas kisah dibaptisnya prajurit bernama Kornelius bersama orang-orang yang berkumpul disana yang mendengar pemberitaan Petrus. Tapi yang jelas, nama Simon sang Penyamak ditulis di dalam Alkitab. Bukan cuma satu kali tapi bahkan sampai tiga kali. Itu menunjukkan bahwa perannya penting dalam pemberitaan Injil dan pertobatan orang-orang lewat pelayanan para rasul.

Kota Yope merupakan sebuah kota pelabuhan kecil di sebelah barat daya dari Laut Tengah. Lokasinya di sekitaran Tel Aviv kalau di jaman sekarang.  Kota ini sebenarnya bukanlah kota yang asing, karena sebelum di Kisah Para Rasul sudah pernah pula muncul jauh sebelumnya, seperti di kitab Yosua, hanya saja di kitab Yosua kota ini disebut Yafo, sesuai namanya pada masa itu (Yosua 19:47). Hingga hari ini kota pelabuhan ini masih berdiri dan aktif seperti halnya ribuan tahun lalu.
'
Tabita alias Dorkas hanyalah penjahit di kota itu, dan di kota yang sama ada Simon penyamak kulit, seorang yang melakukan pekerjaan bau dan kotor. Tapi dari keduanya kita bisa melihat besarnya curahan kasih karunia keselamatan dan mukjizat Tuhan turun atas orang-orang bukan cuma di kota mereka tapi hingga ke kota lain. Pekerjaan mereka yang tidak dianggap istimewa oleh manusia ternyata sanggup menghasilkan hal-hal luar biasa saat Tuhan bekerja lewat mereka.

Apa yang kita kerjakan hari ini? Mungkin ada yang merasa bahwa pekerjaannya rendah, tidak terpandang, bergaji kecil  atau bahkan kotor seperti Simon sang Penyamak, sehingga bahkan malu untuk mengakuinya. Atau, mungkin juga ada di antara teman-teman yang merasa punya masa lalu atau sedang berada pada titik yang 'kotor' sehingga merasa seperti tidak layak untuk melayani Tuhan. Kalau sudah begitu, kita akan mengira bahwa apa yang kita lakukan tidak akan berarti apa-apa atau tidak membawa manfaat besar, apalagi menyukakan Tuhan. Haruskah kita berpikir seperti itu?

Jangan pernah berpikir demikian!


(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker