Friday, November 17, 2023

Antara Tomas dan Pilatus (2)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Tomas mengalami hal yang kurang lebih sama. Mungkin ia merupakan tipe skeptis sama seperti saya, orang yang sulit percaya tanpa adanya bukti yang bisa diterima sebagai sebuah fakta tak terbantahkan. Mari kita lihat lagi kisahnya.

Setelah kebangkitan Yesus, Yesus menampakkan diri di hadapan murid-muridNya pada suatu malam. Pada saat itu murid-murid tengah dicekam ketakutan, takut ditangkap dan mengalami perlakuan yang sama dari orang-orang Yahudi seperti apa yang mereka lakukan terhadap Yesus.

"Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi." (Yohanes 20:19a). Pada waktu itulah Yesus tiba-tiba datang. "Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!" (ay 19b). Melihat itu, para murid pun bersukacita. (ay 20). Dan pada malam itu juga, mereka menerima Roh Kudus. (ay 22).

Saat itu tidak ada lagi ketakutan di hati mereka, karena alkitab mencatat selanjutnya bagaimana para murid dengan giat mewartakan firman dan siap menanggung resiko apapun, termasuk menyerahkan nyawa mereka. Hampir semua dari mereka berakhir sebagai martir dengan cara yang mengenaskan, tapi itu tidak membuat mereka takut lagi. Sebab mereka sudah menyaksikan sendiri bagaimana Yesus mampu mengalahkan maut. Mereka tahu apa yang ada di depan mereka lewat kebangkitan Kristus.

Tapi Tomas kebetulan malam itu tidak berada disana. Karena ia tidak menyaksikan sendiri, ia pun skeptis. "Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya: "Kami telah melihat Tuhan!" Tetapi Tomas berkata kepada mereka: "Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya." (Yohanes 20:25).

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker