Wednesday, November 1, 2023

Keep Calm (2)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Yang lebih berbahaya, saat kehilangan kesabaran, kita bisa terjebak untuk mencari alternatif-alternatif lainnya. Disana ada banyak jebakan yang bisa membuat segalanya menjadi lebih runyam, membuat kita semakin menjauh dari Tuhan dan akhirnya menjerumuskan diri sendiri ke dalam jurang kesesatan. Kalau tidak sampai separah itu, kita bisa bermasalah dengan kesehatan seperti terkena stres, depresi, kehilangan kontrol diri, darah tinggi dan lain-lain apabila membiarkan kepanikan melanda kita.

Sebelum semua itu terjadi dan sebelum terlambat, ada baiknya kita mengetahui sebuah tindakan penting yang dianjurkan beberapa kali di dalam Alkitab. Dari pada terus berteriak, mengeluh, mengaduh, menangis atau malah melakukan tindakan-tindakan yang didasari emosi hinga merugikan diri sendiri dan orang lain, ada baiknya kita turuti apa yang diajarkan menurut Tuhan. Dan itu adalah dengan melakukan sesuatu yang sangat sederhana: mengambil waktu untuk diam.

Di dalam kitab Ratapan ada sebuah ayat yang mengingatkan hal ini. "Adalah baik menanti dengan diam pertolongan TUHAN." (Ratapan 3:26) It's good to wait for His help in silence.

Kenapa baik bagi kita untuk diam dalam menanti pertolongan Tuhan? Karena dengan diam kita bisa terhindar dari berbagai godaan yang menyesatkan. Dengan diam kita bisa fokus mengambil momen perenungan, introspeksi ke dalam diri kita, mencari tahu kalau-kalau ada yang masih belum kita bereskan. Dengan diam kita bisa terhindar dari mengambil langkah-langkah yang hanya didasarkan kepada perasaan emosional, tidak rasional dalam memutuskan. Dengan diam itu bisa mencegah kita melakukan kesalahan-kesalahan yang hanya akan menambah masalah. Dengan diam, kita bisa berpikir jernih dan bijak dalam mengambil keputusan. Dengan diam, kita akan bisa terhubung dengan Tuhan.

Dengan diam, kita bisa mendengar suaraNya.

(Bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker