Saturday, November 18, 2023

Antara Tomas dan Pilatus (3)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

I won't believe until I see and prove it myself! Begitu kira-kira katanya. Apa yang terjadi kemudian? Alkitab mencatatnya demikian: "Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!" (Yohanes 20:26).

Yesus hadir lagi, dan kali ini Tomas melihatnya. "Kemudian Ia berkata kepada Tomas: "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah." (Yohanes 20:28). Dan Tomas pun kini percaya. Yesus kemudian berkata "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya." (ay 29).

Jika kita bandingkan dengan kisah Pilatus kemarin, Tomas pun berada pada zona abu-abu. Dia diliputi keraguan sama seperti Pilatus. Pilatus ragu apakah Yesus adalah Raja, sementara Tomas ragu apakah Yesus benar-benar telah bangkit. Sama-sama ragu, tapi kejadian selanjutnya berbeda. Kepada Tomas, Yesus berinisiatif menampakkan diri dan berbicara kepadanya. Yesus secara langsung menjumpainya dan membantunya untuk percaya. Tapi kepada Pilatus, Yesus hanya menjawab seperlunya, bahkan tidak seluruh pertanyaan Pilatus Dia jawab.

Apa yang membedakan antara Tomas dan Pilatus?

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker