Friday, October 27, 2023

Sleep Tight, Sweet Dream (5)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Benar, sebagai manusia biasa dia pun tentu pernah mengalami pergumulan-pergumulan dan rasa takut, tetapi ia tidak menyerah dalam perasaan seperti itu dan selalu berhasil untuk kembali mempercayakan hidup sepenuhnya ke dalam tangan Tuhan. Ia mengalahkan rasa takut atau kuatirnya dan menggantikannya dengan kepercayaan yang didukung oleh imannya. Sama seperti Daud, dalam menghadapi situasi-situasi sulit atau berbagai bentuk pergumulan kita memerlukan iman, sebuah iman yang akan memerdekakan kita dari rasa takut, khawatir, cemas dan sebagainya, hal-hal yang bisa dengan mudah merebut sukacita dan kedamaian dari hidup kita dan membuat kita menjadi susah tidur.

Pada satu ketika Alkitab mencatat peristiwa Daud yang harus melarikan dari makar yang dilakukan anaknya sendiri, Absalom. Itu situasi yang pasti terasa menyakitkan sekaligus menakutkan. Masalah yang harus ia hadapi itu besar. Untuk menghindari hal buruk, Daud pun harus melarikan diri dari Yerusalem. Kisah ini bisa dibaca dalam 2 Samuel 15. Begitulah keadaan Daud saat ia menulis Mazmur 3 yang menjadi ayat bacaan kita kali ini. Dalam Mazmur 3 kita bisa baca bahwa Daud saat itu bukan saja harus mengalami rasa perih di hati akibat perilaku anaknya sendiri, tapi ia juga dimusuhi banyak orang (ay 2), bahkan dianggap tidak mendapat pertolongan Tuhan (ay 3).

Tapi lihatlah. Dalam kondisi seperti itupun Daud ternyata tetap mengandalkan Tuhan. Dengan imannya ia memandang Tuhan sebagai perisainya (ay 4), dan akan menjawab seruannya (ay 5). Itulah yang membuat Daud bisa tetap tegar dalam situasinya yang jauh dari kondusif.

Dan perhatikan ayat setelahnya. Dalam keadaan genting seperti itu, justru kata-kata indah dari Daud pun hadir.
"Aku membaringkan diri, lalu tidur; aku bangun, sebab TUHAN menopang aku!" (Mazmur 3:6).

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker