Monday, September 18, 2023

Lebah Malang Dalam Gelas Kopi (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaan: Mazmur 23:4
======================
"Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku."


Pernahkah anda mengalami lebah masuk ke dalam gelas kopi? Saya kembali mengalami itu kemarin di gelas kopi saya untuk kedua kalinya. Untung saya tidak buru-buru minum dan sempat melihat ada lebah disana. Waktu pertama kali saya mendapati lebah di dalam gelas kopi, saya kaget. Bagaimana bisa ada lebah tercelup dan mati di dalam gelas berisi kopi? Apa yang membuat mereka terjebak untuk masuk kesana, dan kenapa kok bisa sampai mati?

Saat saya mencari tahu alasannya, saya kemudian mendapatkan sebuah fakta menarik yang tidak terpikirkan sebelumnya.  Ternyata apa yang membuat lebah tertarik adalah kandungan gula yang ada di dalam gelas. Jadi bukan cuma kopi, tapi bisa saja teh, sirup atau lainnya yang manis. Itu terjadi karena lebah secara alami akan mencari nektar dalam bunga, jadi kandungan gula yang ada di dalam gelas bisa membuatnya tertipu lalu masuk kesana.

Itu satu hal. Pertanyaan lainnya adalah, kenapa sampai bisa mati disana? Bukankah bagian atas gelas itu terbuka lebar? Lebah itu bisa tinggal terbang saja ke atas, dan dia pasti selamat. Lebah bisa terbang dan tidak membutuhkan landasan pacu terlebih dahulu untuk bisa terbang seperti halnya burung elang atau pesawat terbang misalnya. Tapi ternyata, lebah hanya mencari solusi untuk melepaskan diri dari sekelilingnya dan tidak melihat jalan keluar bagian atasnya yang terbuka. Maka kalau lebah itu masuk ke dalam gelas, itu akan menjadi akhir hidupnya. Mengapa? Karena lebah akan sibuk berputar ke sekeliling gelas untuk mencari jalan keluar sampai akhirnya kehabisan tenaga dan menemui ajalnya.

Segelas kopi atau teh manis  tampaknya bukanlah benda menyeramkan buat seekor lebah, tapi ternyata gelas bekas kopi atau teh bisa jadi perangkap mematikan buat hewan ini. Ini adalah sebuah fenomena alam dari sisi dunia hewan yang akhirnya saya ketahui setelah mengalami sendiri adanya lebah di dalam gelas kopi saya.



(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker