Thursday, September 14, 2023

Be Humble, Stay Humble (5)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Ada banyak pula orang yang mengira bahwa mengakui kesalahan merupakan bentuk dari mengaku kalah. Padahal masalah kerelaan untuk meminta maaf merupakan hal yang sangat esensial di mata Tuhan. Sebab bagaimana mungkin kita bisa diampuni Tuhan apabila kita tidak mengakui dosa-dosa kita secara terbuka di hadapanNya? Firman Tuhan pun berkata: "Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan." (1 Yohanes 1:9).

Tuhan siap mengampuni dan menyucikan kita sesegera mungkin, tetapi diperlukan kerendahan hati kita untuk mau mengakui dosa-dosa kita. Kerelaan mengaku salah menunjukkan kebesaran hati. Tidak ada satupun manusia yang sempurna. Akan ada waktu dimana kita melakukan kesalahan. Dan apabila itu terjadi, daripada mencari pembenaran atau kambing hitam, tidakkah lebih baik kalau kita cepat menyadari kesalahan kemudian menyelesaikannya dengan orang-orang terkait? Itu akan jauh lebih baik, dan Tuhan pun tidak akan mempersulit kita yang menyesali kekeliruan kita.

Ini adalah salah satu hal yang saya ajarkan pada anak saya sejak usia dini. Ia tidak boleh bohong kalau melakukan kesalahan apapun resikonya. Saya mengajarkan dengan contoh langsung, yaitu papa dan mamanya pun akan minta maaf kalau melakukan sesuatu yang membuatnya kecewa.

Dalam hal mendidik anak, pendidikan budi pekerti termasuk rendah hati menjadi hal penting. Hal ini menjadi sulit karena di saat yang sama saya pun harus mengajarkannya untuk percaya diri. Percaya diri itu harus, tapi harus pula diikuti oleh rendah hati. Kepercayaan diri berlebih bisa mendatangkan sikap tinggi hati, sementara rendah hati yang over bisa mengarah pada rendah diri. Itu tantangannya, dan puji Tuhan, sejauh ini pendidikan itu tampaknya bisa diterima oleh putri saya. Ini akan menjadi bekal yang sangat penting agar ia bisa tumbuh menjadi pribadi yang baik saat ia dewasa nanti.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker