Sunday, September 24, 2023

Kemiskinan dan Kepedulian (2)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Suatu kali ada wartawan yang menanyakan kepadanya tentang apa sebenarnya yang dikatakan miskin itu. Bunda Teresa menjawab seperti ini:

"We think sometimes that poverty is only being hungry, naked and homeless. But the poverty of being unwanted, unloved and uncared for is the greatest poverty. We must start in our own homes to remedy this kind of poverty."

Apa yang digambarkan Bunda Teresa mengenai kemiskinan yang termiskin? Berdasarkan pengalamannya sendiri dalam melayani para orang miskin jauh dari negara asalnya, dimana ia menghabiskan waktu hampir sepanjang hidupnya di Kalkuta, India, ia memberi jawaban berbeda.

Bunda Teresa semasa hidupnya berada ditengah-tengah masyarakat yang dianggap sebagai yang termiskin dari yang miskin untuk melayani mereka. Ia menjadi wakil Tuhan untuk mereka yang termiskin dan terbuang. Bunda Teresa melayani orang yang lapar, gelandangan, buta, pincang, dan mereka yang menderita penyakit-penyakit yang bagi orang dianggap menjijikkan seperti lepra atau kusta dan sakit penyakit lainnya. Setiap hari ia ada bersama mereka, menyatakan kasih lewat banyak hal, alias memberikan dirinya dan hidupnya secara penuh bagi mereka.

Dengan profil seperti itu, tentu Bunda Teresa layak menjadi tokoh yang pasti mampu menjelaskan apa sebenarnya kemiskinan itu. Itulah mungkin yang ada di benak si wartawan saat menanyakan tentang kemiskinan kepada bunda Teresa. Apakah ketidakmampuan membeli segala sesuatu yang mewah? Tidak mampu makan? Tidak punya tempat tinggal? Tidak punya penghasilan tetap? Tidak punya cukup baju?

Dan menarik, seperti apa yang dikatakan Bunda Teresa tadi, dan berdasarkan pengalamannya sendiri, ia berkata bahwa the greatest poverty alias kemiskinan terparah justru adalah saat seseorang tidak ada yang mengasihi. The unloved, unwanted and uncared, kata beliau. Orang-orang yang tidak diperhatikan, tidak ada yang mencintai dan orang-orang tertolak. Bayi-bayi hasil hubungan gelap yang kelahirannya tidak diinginkan, mereka yang terbuang.


(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker