Friday, September 8, 2023

Kerendahan Hati Yosua (5)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Nasihat untuk rendah hati berulang-ulang disampaikan kepada kita. Kepada jemaat Efesus, Firman Tuhan disampaikan lewat Paulus berkata seperti ini: "Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu." (Efesus 4:2). Kepada jemaat Filipi dikatakan "..tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri" (Filipi 2:3). Kepada jemaat Kolose berbunyi seperti ini: "Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran." (Kolose 3:12).

Surat yang ditujukan kepada jemaat-jemaat di tempat yang berbeda-beda, tapi pesannya sama. Dan pesan yang sama ini pula sampai kepada manusia setelahnya selama berabad-abad kemudian hingga hari ini. Itu menunjukkan bahwa Paulus menyadari bahwa manusia punya tendensi untuk berubah wataknya menjadi buruk, karena itulah pesan itu harus disampaikan untuk diingat dan dicermati, supaya jangan sampai nanti semuanya hancur hanya karena kita tidak bisa menjaga hati.

Ada banyak lagi nasihat untuk rendah hati, dan ini penting bagi kita, karena "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati." (Yakobus 4:6, 1 Petrus 5:5). Ada banyak orang yang terjatuh dalam dosa kesombongan setelah sukses, karenanya ketika kita mulai menapak naik, nasihat untuk rendah hati ini harus selalu kita ingat.

Ketika kita diberkati dan mengalami peningkatan, saat apa yang kita rintis mulai menghasilkan tunas atau bahkan berbuah, bersyukurlah kepada Tuhan. Berikan kemuliaan hanya bagiNya dengan berkarya dan memberkati lebih lagi, dan jangan merebut hak Tuhan dengan memegahkan diri sendiri. Tuhan Yesus sudah mengingatkan kita dengan jelas "Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa." (Yohanes 15:5). Dan lewat Paulus firman Tuhan berkata: "Barangsiapa yang bermegah, hendaklah ia bermegah di dalam Tuhan." (1 Korintus 1:31).

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker