Tuesday, March 21, 2017

Tuhan Mengawasi Kita (1)

webmaster | 10:00:00 PM |
Ayat bacaan: Amsal 15:3
================
"Mata TUHAN ada di segala tempat, mengawasi orang jahat dan orang baik."

Dahulu ibu susah untuk memasak sambil menjaga anaknya. Teknologi mampu menciptakan baby monitor yang memungkinkan sang ibu tetap bisa memantau anaknya di kamar meski sedang berada di dapur. Baik suara maupun gambar akan tampil sehingga ibu akan tahu bagaimana keadaan anaknya di ruangan lain. Lalu CCTV alias closed circuit television akan memampukan kita memonitor area dimana perangkat ini dipasang. Kalau ada apa-apa, maka ada rekaman yang bisa menunjukkan apa yang terjadi, atau siapa yang mau berbuat jahat di sebuah tempat dimana CCTV itu ada.

Berbagai aplikasi seperti Skype pun bisa dipakai untuk memonitor dari jauh. Saat sedang liburan, rumah bisa tetap dipantau. Kalau ada apa-apa bisa segera menelepon tetangga atau pihak berwajib. Kalau dulu orang hanya mampu melihat sejauh jarak pandangan matanya, maka sekarang lewat teknologi kita bisa melihat lebih jauh dari kemampuan mata kita memandang. Bahkan ada aplikasi yang bisa memungkinkan kita untuk melihat beberapa CCTV sekaligus dari belahan dunia yang berbeda secara nyaris real time. Ada beberapa kota besar yang memasang CCTV di beberapa bagian jalan sehingga kita akan tahu apakah jalan itu macet atau tidak sebelum melewatinya.

Teknologi memang memampukan kita untuk bisa melihat jauh lebih luas dari kemampuan mata dan masih akan terus berinovasi untuk lebih baik lagi. Mungkin nanti suatu saat kita bisa melihat tempat-tempat jauh dengan ukuran asli tepat di depan mata kita, tidak lagi harus puas pada ukuran monitor saja. Tuhan sejak semula mampu melakukan itu tanpa perlu CCTV. Tuhan sanggup berada di segala tempat pada satu waktu yang sama untuk memantau dan mengawasi segala sesuatu yang kita lakukan. Salomo menyadari hal itu dan berkata: "Mata TUHAN ada di segala tempat, mengawasi orang jahat dan orang baik." (Amsal 15:3). Tidak ada satupun tempat di dunia bahkan di jagat raya ini yang berada di luar jangkauan penglihatan Tuhan. Dia tahu apa yang kita lakukan, baik atau buruk, tak ada yang tersembuyi bagiNya.

Ayah Salomo sendiri yaitu Daud mengangkat pemahaman yang sama dalam Mazmur 139 yang bertajuk "Doa di hadapan Allah yang maha tahu." Dalam bagian Mazmur ini kita bisa melihat bagaimana Tuhan menyelidiki dan mengenal kita. "TUHAN, Engkau menyelidiki dan mengenal aku." (ay 1). Selanjutnya dikatakan Dia mengetahui pikiran kita (ay 2), melihat kita bekerja dan beristirahat serta mengetahui apapun yang kita perbuat (ay 3), Dia pun tahu apa yang menjadi isi hati kita sebelum kita mengucapkannya. (ay 4). Tidak satupun tempat yang tersembunyi dariNya (ay 7-10), bahkan di tempat yang tergelap sekalipun Tuhan bisa melihat. (ay 11-12).

Semua ini menunjukkan bagaimana mata Tuhan tidak pernah gagal menjangkau segala sudut dari hidup kita. MataNya ada dimana-mana, di segala tempat, mengawasi yang jahat dan yang baik, memeriksa kita sampai bagian yang terdalam, apakah ada niat-niat buruk yang masih bercokol atau tidak.

Bagi orang hidup benar, mengasihi Tuhan dan rajin melakukan kehendakNya ini tentu merupakan sebuah kabar yang menggembirakan. Dengan mengetahui hal ini kita tahu sekarang bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan kita, Dia ada bersama kita dalam setiap waktu, baik dalam keadaan suka maupun duka, dalam keadaan tenang maupun penuh gejolak. Tidak ada satupun yang luput dipantauNya, kita selalu ada dalam jarak pandangNya.

(bersambung)


No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker