Wednesday, March 29, 2017

Teamwork dan Network (1)

webmaster | 10:00:00 PM |
Ayat bacaan: Markus 2:3-4
=====================
"ada orang-orang datang membawa kepada-Nya seorang lumpuh, digotong oleh empat orang. Tetapi mereka tidak dapat membawanya kepada-Nya karena orang banyak itu, lalu mereka membuka atap yang di atas-Nya; sesudah terbuka mereka menurunkan tilam, tempat orang lumpuh itu terbaring."

Bayangkan jika anda harus mengerjakan semuanya sendirian. Adakah yang sanggup melakukannya? Kalaupun bisa, tentu tidak maksimal dan boros dari segi waktu. Jika anda hendak mengadakan sebuah event musik, and memerlukan banyak pihak agar bisa menyelenggarakannya. Anda perlu music director, orang di bagian ticketing, public relation, tim promosi, publikasi, pembuat poster, bagian sound system, stage manager, liaison officer, kru lapangan, petugas lighting, sekuriti, penyedia informasi kepada penonton saat acara berlangsung, konsumsi, tim pencari sponsor dan lain-lain. Sekarang ada juga tim sosial media yang tugasnya mempromosikan dan mewartakan event lewat berbagai sos-med. Kalau harus mengerjakan semua itu sendirian tentu tidak mungkin.

Ada sebuah quote yang pernah saya baca: "the world needs no superman, it needs superteam." Itu sering dilupakan banyak orang. Banyak orang yang cenderung berpikir bahwa mereka sanggup melakukan segala sesuatu sendirian. Mereka sulit percaya orang lain dan mengira bahwa merekalah yang paling hebat dan karenanya tidak membutuhkan kehadiran orang lain. Padahal manusia pada hakekatnya diciptakan sebagai mahluk sosial. Kita butuh terhubung dengan orang lain untuk bisa maju, dan di atas segalanya kita juga butuh terhubung dengan Tuhan supaya kita tidak salah melangkah dalam menjalani hidup.

Membangun network di mana di dalamnya terdapat teamwork yang harmonis, baik dan kuat sangatlah penting, karena biar bagaimanapun tidak ada satupun manusia super yang sanggup melakukan segala sesuatunya sendirian. Itu bukanlah blueprint manusia menurut rancangan Tuhan. Kita diciptakan untuk saling melengkapi dan saling berinteraksi satu sama lain untuk bisa memperoleh hasil yang terbaik. Dengan jelas hal ini bisa kita lihat dari sejarah penciptaan awal manusia. Tuhan mengatakan: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja." (Kejadian 2:18a).

Dalam bahasa Inggrisnya dikatakan: "It is not good (sufficient, satisfactory) that the man should be alone." Terjemahannya kira-kira seperti ini: Tidak baik, tidak cukup, tidak memuaskan dan tidak akan maksimal kalau manusia itu sendirian. Artinya Tuhan tidak pernah menginginkan manusia untuk berusaha, bekerja atau bahkan hidup sendirian saja, terkucil, tertutup dan terisolasi dari sekitarnya. Dan itu bermakna bahwa selama kita hidup, kita harus bisa memperluas jaringan kita agar kita bisa terus lebih maksimal lagi dalam melakukan segala sesuatu dalam hidup kita.

Bicara tentang kerjasama tim, teamwork dan network, mari kita lihat sebuah kisah di dalam Alkitab, yaitu dalam Markus 2:1-12. Ada sebuah kisah heroik disana. Pada satu hari Yesus datang lagi ke Kapernaum, dan orang ramai berkerumun mendatangi Dia untuk bertemu. Saking banyaknya orang yang datang, rumah di mana Yesus berada kemudian menjadi penuh sesak hingga dikatakan tidak ada tempat kosong lagi. Yesus memberitakan firman kepada semua yang hadir.

Lalu muncullah sebuah kejadian menarik. "ada orang-orang datang membawa kepada-Nya seorang lumpuh, digotong oleh empat orang." (ay 3). Keempat orang ini menggotong sahabat mereka dan ingin bertemu dengan Yesus dengan tujuan agar sahabat mereka bisa sembuh. Tapi mereka tidak bisa menembus kerumunan yang sedemikian padat. Apakah mereka kemudian menyerah? Ternyata tidak.

Inilah yang mereka lakukan selanjutnya. "...mereka membuka atap yang di atas-Nya; sesudah terbuka mereka menurunkan tilam, tempat orang lumpuh itu terbaring." (ay 4). Melihat kegigihan mereka, Yesus pun kagum melihat usaha mereka. Alkitab mencatatnya seperti ini: "Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: "Hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni!" (ay 5).

(bersambung)


No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker