Sunday, March 26, 2017

Hindari Dehidrasi Jiwa dan Roh (2)

webmaster | 10:00:00 PM |
(sambungan)

Ada saat dimana jiwa kita merintih dan meronta dalam kekeringan. Di tengah begitu banyak kesibukan, tekanan dan pergumulan, di tengah banyaknya penyesatan dari berbagai arah, kita bisa mulai merasa jiwa kering kehausan. Jiwa membutuhkan nutrisi agar bisa tetap kuat dalam berjuang. Kalau diibaratkan bahwa hidup ini adalah sebuah perlombaan, demikian kata Firman Tuhan dalam Ibrani 12:1, semangat kita akan sangat tergantung dari kondisi jiwa kita. Dan ketika jiwa kita mengalami kekeringan, kita harus bisa mendengar kebutuhan jiwa kita. Sebuah ayat dalam Ratapan berbunyi: "TUHAN adalah bagianku," kata jiwaku, oleh sebab itu aku berharap kepada-Nya." (Ratapan 3:24).

Jiwa kita tahu betul betapa baiknya Tuhan. Ayat selanjutnya berbunyi: "TUHAN adalah baik bagi orang yang berharap kepada-Nya, bagi jiwa yang mencari Dia." (ay 25). Dalam Mazmur pun kita menemukan banyak ayat yang bercerita soal ini. Lihatlah salah satunya: "TUHAN memelihara orang-orang sederhana; aku sudah lemah, tetapi diselamatkan-Nya aku." (Mazmur 116:6). Oleh sebab itulah jiwa kita seharusnya tenang, karena ada Tuhan yang selalu siap menyelamatkan kita. Pemazmur menyerukan hal itu kepada jiwanya. "Kembalilah tenang, hai jiwaku, sebab TUHAN telah berbuat baik kepadamu." (ay 7).

Di dalam naungan sayap Tuhan kita berlindung, semua itu dimungkinkan karena besarnya kasih setia Tuhan. (36:8). Tuhan tahu beratnya beban hidup kita. Dan lihatlah bagaimana empati Kristus sendiri yang tahu betul bagaimana sulitnya hidup manusia. Dia menawarkan kelegaan kepada siapapun yang datang kepadaNya. "Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu." (Matius 11:28).

Yesus sendiri yang menjadi jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan mendasar dalam hidup kita, terhadap kebutuhan-kebutuhan yang esensial dalam hidup kita. Bukankah Dia sudah menjawab kebutuhan terbesar kita akan keselamatan? Dan itu Dia lakukan dengan mengorbankan DiriNya sendiri. Kalau yang terpenting saja sudah Tuhan berikan, apalagi yang lain. Kapanpun kita mencariNya, kita akan selalu menemukanNya. "Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu." (Lukas 11:9).

Kapanpun jiwa kita haus, Yesus siap memenuhi jiwa kita kembali. Yesus selalu siap menyambut kita dengan tangan terbuka. Memberi kelegaan, menjamin keselamatan.

Anda saat ini sedang ditimbun banyak tugas atau masalah? Jika ya, mari malam ini kita datang kepadaNya dalam segala kerinduan kita. Datanglah dan masuklah dalam hadiratNya, bersekutu denganNya, dan itu akan membuat jiwa kita kembali tenang dan kuat untuk menghadapi beban-beban pekerjaan keesokan harinya. Seperti anda butuh air saat merasa haus karena kekurangan cairan, jiwa dan roh kita butuh Air Hidup agar bisa tetap tercukupi asupannya.

Anda tentu tidak akan mengorbankan minum demi melakukan sesuatu yang lain bukan? Begitu pula seharusnya anda menyikapi kebutuhan jiwa dan roh anda. Jangan korbankan bersaat teduh, membangun hubungan secara rutin dan teratur dengan Tuhan, jangan lupakan membaca, merenungkan dan melakukan FirmanNya. Jangan abaikan kepekaan untuk mendengar suaraNya, karena disanalah kebutuhan jiwa dan roh kita bisa terpenuhi.

Quench your soul's thirst with the Fountain of Life

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker