Wednesday, March 8, 2017

Agar Pohon Berbuah Lebat (1)

webmaster | 11:00:00 PM |
Ayat bacaan: Lukas 13:8-9
=====================
"Jawab orang itu: Tuan, biarkanlah dia tumbuh tahun ini lagi, aku akan mencangkul tanah sekelilingnya dan memberi pupuk kepadanya, mungkin tahun depan ia berbuah; jika tidak, tebanglah dia!"

Mudahkah menanam pohon itu? Secara teoritis mudah. Kita hanya perlu menggali tanah, memasukkan bagian akar ke dalam, lalu tutup dan disiram, dipupuk secara teratur. Teorinya mudah kan? Tapi sebagian orang kerap gagal memperoleh hasil terbaik dari tanamannya. Karenanya ada istilah orang yang ber-'tangan hijau', yang mengacu kepada orang-orang yang ditangannya tanaman mudah tumbuh subur. Seorang ibu tetangga saya memiliki tangan hijau. Rumahnya tidaklah besar, tetapi rumahnya penuh bunga yang mekar dengan indahnya. Apa yang ia lakukan sederhana saja, hanya menyiram dengan teratur. Ia bahkan jarang memberi pupuk. Tapi tampaknya waktu untuk menyiram pun berpengaruh dalam kesuburan tanaman.

Darinya saya belajar bahwa menyiram tanaman idealnya dilakukan sebelum matahari mulai terik, yaitu sebelum pukul 9 atau 10 pagi. Mengapa? Sebab apabila disiram pada saat cuaca panas, air bisa menguap lebih dari 60% lebih tinggi. Sedangkan kalau pada cuaca yang tidak terik seperti di pagi hari, air yang menguap bisa diminimalisir sehingga kebutuhan tanaman akan air tercukupi. Di sisi lain, menyiram terlalu banyak bisa membuat akar membusuk. Jadi kita harus perhatikan betul banyaknya air yang kita berikan pada tanaman, dimana setiap tanaman kebutuhannya berbeda-beda pula.

Selain masalah menyiram, pupuk juga bisa jadi penting. Lantas perawatan yang teratur tentu akan membuat tanaman lebih sehat. Biasanya pohon akan sulit menghasilkan buah secara produktif apabila ada terlalu banyak tunas yang tumbuh pada setiap dahan. Maka kita harus rajin memilah tunas yang tumbuh disana. Kalau tunas itu ternyata tidak produktif, tunas itu harus segera dipotong agar rantingnya bisa berbuah dengan baik. Di samping itu, terkadang ranting yang sudah berbuah produktif pun bisa dihinggapi berbagai parasit dan benalu. Keduanya akan membuat buah menjadi sedikit,atau berkualitas buruk, karena zat-zat yang dibutuhkan ranting untuk menghasilkan buah habis diserap oleh benalu-benalu itu. Maka segala benalu dan parasit yang menempel pun harus segera dipotong dan dibuang sesegera dan sesering mungkin.

Jadi menanamnya mungkin mudah. Tapi untuk berhasil dibutuhkan usaha merawat secara kontinu dan teratur.  Kalau berbagai usaha ini dilakukan secara serius, niscaya pohon itu akan tumbuh subur penuh buah. Sebaliknya jika tidak, jangankan berbuah. Bisa tetap hidup saja sudah syukur.

Kemarin kita sudah melihat bahwa adalah penting bagi anak-anak Tuhan untuk menghasilkan buah-buah baik dalam kehidupan. Paulus dalam surat Filipi berkata: "Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah." (Filipi 1:22). Kalau kita masih diijinkan untuk hidup, itu artinya kita harus terus menghasilkan buah-buah yang baik dari apapun yang kita kerjakan. Itu adalah sebuah kewajiban bagi para murid Yesus.

Dalam sebuah kesempatan secara tegas Yesus pernah mengatakan : "Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik. Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api." (Matius 7:18-19).

Perhatikan bahwa menghasilkan buah merupakan hal yang sangat serius. Pohon yang tidak berbuah atau buahnya jelek pada akhirnya akan ditebang dan dibakar. Kalau kita periksa diri kita, apakah kita sudah menjadi pohon yang sehat saat ini? Sudahkah kita menghasilkan buah yang baik? Jika belum, kita harus segera membenahi masalah ini supaya kita tidak ditebang dan dibakar. seperti halnya pohon, kita harus melalui proses pemotongan tunas-tunas yang tidak produktif, pembersihan benalu dan parasit yang menempel dalam hidup kita agar pada akhirnya kita bisa menghasilkan buah. Proses ini seringkali tidak gampang bahkan bisa menyakitkan. Tapi proses ini harus kita lalui agar kita bisa menjadi pohon yang tumbuh subur dengan menghasilkan buah segar dengan lebat.

(bersambung)


No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker