Tuesday, March 14, 2023

Payung Cantik (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaan: Lukas 9:23
========================
"Kata-Nya kepada mereka semua: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku."


Apa yang membuat kita memutuskan untuk membeli sesuatu? Biasanya karena kita memang membutuhkan barang itu. Ada juga  yang membeli cuma karena kepingin, karena ada diskon dan sebagainya. Ada pula yang mungkin karena tergiur dengan bonus yang dijanjikan dari pembelian atas barang tersebut.

Tertarik karena bonus, mungkin biasa kalau harganya tidak terlalu jauh. Misalnya, jika membeli deterjen kemudian dapat bonus pewangi satu sachet, atau berhadiah gelas atau piring. Itu bisa jadi daya tarik bagi sebagian orang untuk memilih produk yang berhadiah ketimbang yang tidak ada bonusnya. Tapi akan sangat aneh jika misalnya anda memutuskan untuk membeli sebuah rumah bukan karena suka modelnya, kondisi bangunan, spesifikasi, fasilitasnya, tapi karena berhadiah payung cantik. Rasanya tidak ada yang memutuskan membeli rumah hanya karena berhadiah payung cantik kan?

Sekarang pertanyaannya, apa yang menjadi motivasi atau alasan seseorang untuk menjadi pengikut Kristus? Keselamatan kekal, itu merupakan jawaban umum. Tapi faktanya, ada banyak orang yang memilih untuk menjadi seorang Kristen demi keuntungan-keuntungan yang sifatnya duniawi saja. Mereka ikut Yesus agar terbebas dari masalah, terhindar dari kebangkrutan, sembuh dari sakit dan berbagai bentuk keuntungan lainnya. Kalau bukan soal bangkrut, minimal kepingin usahanya diberkati, kalau bukan lagi ada masalah, minimal supaya hidup jangan lagi ada masalah. Ingin dapat 'berkat' melimpah atau permintaan-permintaan lainnya.

 So, mementingkan hal-hal duniawi dan bukannya yang kekal jadi motivasi mengikut Yesus, itu ibarat kita membeli rumah hanya karena tertarik hadiah payung cantik.

It doesn't make any sense right? Terdengar aneh, tapi faktanya banyak yang seperti itu. Paradigma atau pemahaman keliru dari motivasi yang melandasi seseorang menjadi pengikut Kristus ini diperparah dengan banyaknya hamba Tuhan yang seolah 'menjual' Yesus untuk alasan-alasan ekonomi dan hal-hal duniawi. Ikut Yesus karena mengejar keuntungan, atau merasa kalau ikut Yesus nanti bisa suruh-suruh Yesus melakukan ini dan itu sesuai kehendak mereka secara pribadi.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker