Sunday, March 19, 2023

Mengantuk (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaan: Kisah Para Rasul 20:9
===========================
"Seorang muda bernama Eutikhus duduk di jendela. Karena Paulus amat lama berbicara, orang muda itu tidak dapat menahan kantuknya. Akhirnya ia tertidur lelap dan jatuh dari tingkat ketiga ke bawah. Ketika ia diangkat orang, ia sudah mati."


Ada banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan di jalan raya. Faktor ugal-ugalan, tidak fokus karena sambil main hp, kendaraan yang tidak diperiksa kelayakan jalannya terlebih dahulu sebelum bepergian bisa menjadi faktor penyebab. Selain itu, yang tidak kalah sering menjadi penyebab utama adalah karena sang pengemudi mengantuk tapi memaksakan diri untuk mengemudi. Karena itulah selalu dianjurkan bagi para pengemudi terutama yang mau menempuh perjalanan jauh, apabila mengantuk hendaknya istirahat dulu di rest area terdekat. Daripada memaksakan diri karena ingin cepat sampai tapi celaka, bukankah jauh lebih baik untuk berhenti dahulu tapi selamat sampai tujuan?

Mengantuk, itu sebuah hal alami yang pasti dialami siapa saja. Jika kita sudah terlalu lelah dan kurang tidur, maka rasa kantuk pun akan datang menyerang.Ada hal-hal lain yang bisa menimbulkan rasa kantuk seperti kebanyakan makan atau mengkonsumsi karbohidrat berlebihan, atau juga saat kita bosan. Ya, bosan bisa membuat kita mengantuk.

Kalau mengantuknya sedang tidak melakukan apa-apa, ya gampang, tinggal tidur saja, karena itu artinya tubuh kita membutuhkan istirahat. Tapi kalau sedang melakukan aktifitas yang memerlukan ketelitian, kecermatan atau konsentrasi, itu bisa mendatangkan bahaya. Ada seorang rekan guru saat saya masih mengajar yang sering hilang kesadaran akibat mengantuk saat ia mengendarai motor. Beberapa kali ia tiba-tiba hilang sadar dan ketika sadar lagi, tahu-tahu sudah di aspal. Itu bisa sangat berbahaya, karena selain luka-luka akibat terjatuh dari motor, bagaimana kalau ada mobil apalagi truk dari belakang. Tapi intinya, mengantuk itu lumrah, manusiawi, tapi bisa saja mendatangkan bahaya.

Sekarang coba bayangkan ini. Sekiranya ada kasus dimana seorang anak muda jatuh dari tingkat tiga pada saat kebaktian akibat mengantuk, apa yang ada di pikiran anda? Bagi sebagian orang itu mungkin terdengar konyol, tidak masuk akal, tapi juga menyedihkan dan tentu menyeramkan. Tidak masuk akalkah jika ada anak muda tidak kuat menahan kantuk saat kebaktian, kemudian tertidur dan gara-gara hal tersebut ia jatuh dari tingkat tiga ke bawah?

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker