Thursday, March 23, 2023

Belajar Sejarah (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

Ayat bacaan: Mazmur 77:12-13
=========================
"Aku hendak mengingat perbuatan-perbuatan TUHAN, ya, aku hendak mengingat keajaiban-keajaiban-Mu dari zaman purbakala. Aku hendak menyebut-nyebut segala pekerjaan-Mu, dan merenungkan perbuatan-perbuatan-Mu."


Dulu sebelum masa Youtube, akses saya untuk mendapatkan sejarah-sejarah musik adalah dari DVD. Setiap kali ke toko DVD saya akan menyempatkan mengubek-ubek rak di bagian yang jarang dilirik pembeli untuk mendapatkan DVD dokumenter. Saya ingat pada suatu kali saya menemukan sejarah American music boxset berisi 4 CD dengan total lebih 10 am. Seperti menemukan harta karun rasanya, apalagi harganya sangat miring karena dianggap tidak ada peminat.

Ya, tidak banyak orang yang menggemari sejarah. Menurut sang penjual, DVD itu sudah bertahun-tahun berada disana tanpa ada yang meminati. Padahal buat saya, isinya sangat tinggi nilainya, karena dengan DVD itu saya bisa belajar banyak tentang data dan fakta bagaimana musik berkembang sejak awal 1900an, mulai dari masa blues sebagai 'the mother of all American modern music, kemudian jazz, soul, RnB, rock dan seterusnya. Bagaimana kelahirannya, pasang surutnya, kemunculan kembali dan seterusnya. Dari sana saya bisa mendapatkan gambaran tentang apa yang terjadi bahkan jauh sebelum keberadaan saya terlahir di dunia.

Sebuah DVD berisi sejarah panjang musik seperti ini akan membuat saya tahu apa yang terjadi di masa lalu. Itu akan menjadi sebuah kepingan puzzle yang kalau dirangkai dengan peristiwa saat ini akan menghasilkan sebuah gambaran komprehensif dan menarik tentang bagaimana musik berevolusi dari masa ke masa. Bukankah itu sesuatu yang sangat berharga?

Sejak kecil saya sangat tertarik dengan yang namanya sejarah. Belakangan setelah saya dewasa, saya semakin suka karena saya bisa belajar banyak dari pengalaman orang-orang di masa lalu yang hidup lebih dahulu. Saya bisa melihat kunci sukses mereka, saya bisa belajar dari kegagalan mereka. Saya bisa belajar dari kegigihan yang mendatangkan sesuatu yang monumental, tapi juga kemalasan yang membuat mereka harus berakhir sia-sia. Saya belajar tentang orang-orang yang menginspirasi, sebaliknya juga tentang orang-orang yang dikenang lewat keburukan perilakunya. Orang-orang yang mengambil keputusan-keputusan yang benar dan orang-orang yang menambah catatan buruk dunia karena keputusan-keputusan buruk mereka yang fatal.

Kembali pada DVD sejarah musik Amerika tadi, hari ini DVD itu masih saya simpan meski DVD player saya sudah lama rusak. Sekarang saya beralih ke Youtube untuk mendapatkan berbagai sejarah masa lalu tentang apapun, juga dokumenter-dokumenter yang tersedia di Netflix. Berkat perkembangan teknologi yang pesat, hobi dan kebutuhan saya akan sejarah menjadi jauh lebih mudah untuk didapatkan ketimbang dulu.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker