Saturday, June 28, 2014

Real Love Needs Real Action (2)

webmaster | 8:00:00 AM |
(sambungan)

Mengenai kasih dalam bentuk tindakan nyata, ada contoh menarik dari jemaat di Makedonia yang disebutkan dalam 2 Korintus 8:1-15. Disana kita bisa melihat sebuah bentuk kasih yang berisi tindakan-tindakan nyata. Pertama, mari kita lihat kondisi jemaat disana pada saat itu. "Selagi dicobai dengan berat dalam pelbagai penderitaan, sukacita mereka meluap dan meskipun mereka sangat miskin, namun mereka kaya dalam kemurahan." (ay 2). Jemaat Makedonia disebutkan bukanlah jemaat kaya. Mereka juga bukan jemaat yang hidup nyaman tanpa masalah. Jelas dikatakan bahwa mereka itu sangat miskin, dan mengalami banyak penderitaan. Ini adalah situasi yang bisa membuat kita dengan mudah menutup pintu hati kita dari rasa iba apalagi membangun kebiasaan memberi sesuatu yang nyata. Tapi jemaat di Makedonia tidaklah seperti itu. Lihatlah bahwa mereka dikatakan tetap punya sukacita yang meluap dan begitu kaya dalam kemurahan. Bahkan Paulus sampai bersaksi untuk mereka. "Aku bersaksi, bahwa mereka telah memberikan menurut kemampuan mereka, bahkan melampaui kemampuan mereka. Dengan kerelaan sendiri mereka meminta dan mendesak kepada kami, supaya mereka juga beroleh kasih karunia untuk mengambil bagian dalam pelayanan kepada orang-orang kudus. Mereka memberikan lebih banyak dari pada yang kami harapkan. Mereka memberikan diri mereka, pertama-tama kepada Allah, kemudian oleh karena kehendak Allah juga kepada kami." (ay 3-5). Inilah bentuk kasih yang dibarengi tindakan nyata, sangat inspiratif. Jelaslah bahwa kasih tidak tergantung dari miskin dan kayanya seseorang, sedang nyaman atau sedang dalam pergumulan tetapi lewat sukacita yang meluap dan hati yang penuh kemurahan yang dibarengi dengan tindakan-tindakan nyata. Jemaat Makedonia membuktikan mereka mampu menyatakan kasih lewat perbuatan nyata meski mereka sendiri hidup di bawah kemiskinan dan penderitaan.

Selanjutnya, apa saja output dari kasih yang sejati? Paulus menjabarkannya dengan lengkap dalam surat Korintus. "Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu." (1 Korintus 13:4-7). Poin-poin yang disebutkan Paulus sangatlah berhubungan dengan tindakan-tindakan nyata. Jadi kalau kita masih berhenti pada rasa hati saja tapi menutup rapat diri kita dari tindakan nyata, itu sangatlah jauh dari bentuk kasih sejati yang mencerminkan kasih Tuhan yang sesungguhnya.

Real love needs real action. Kasih yang sejati membutuhkan tindakan nyata. Jangan lupa bahwa perbuatan atau tindakan nyata ini pun harus sesuai dengan hukum-hukum kebenaran dari Kerajaan Allah. Jangan karena kita tidak tega lantas kita menjerumuskan orang-orang yang kita kasihi, jangan pula kita hanya berkata sayang tetapi tidak peduli atau malah menyakiti mereka. Alangkah ironisnya kalau kita bilang sayang, tapi tidak ada buktinya. Hari ini, mari periksa orang-orang disekeliling kita. Sudahkah kita melakukan tindakan nyata dalam kasih kita pada mereka? Jika sudah, teruskanlah, tetapi jika belum, mulailah dari sekarang. Mari kita tampil menjadi orang-orang yang memiliki hati penuh kasih yang akan mudah dirasakan oleh orang lain lewat tindakan-tindakan nyata kita. It's time to express your love with real action.

Love can just be a word or end up only as feeling, but action makes it real

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Prayer Request

Community

Stats

eXTReMe Tracker