Monday, June 30, 2014

Iman Tanpa Perbuatan Nyata (2)

webmaster | 8:00:00 AM |

(sambungan)

Mari kita lihat firman Tuhan berikut ini: "Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan." (Amsal 11:24). Kita tidak akan lebih baik jika hanya menimbun saja. Firman Tuhan berkata bahwa itu tidak akan membawa berkat pada kita tapi malah akan merugikan. Tuhan akan selalu melihat ketulusan hati kita, apakah kita punya rasa belas kasih dan mau memberi atau hanya berhitung untung rugi dan tidak peduli terhadap orang lain. Kalau kita memberi atas dasar kasih dengan keikhlasan, Tuhan pasti akan memperhitungkan semua itu. Sebaliknya perhitungan pun akan dibuat kalau kita memiliki agenda-agenda yang buruk dalam memberi, atau kalau tidak melakukan bentuk-bentuk perbuatan nyata dalam hidup kita atas berkat yang telah Dia beri.

Yesus menganggap penting hal ini dan sudah menyebutkan seperti apa artinya saat kita berbuat baik dan beramal atas namaNya. "sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku." (Matius 25:40). Kita bahkan tidak diperbolehkan untuk menunda-nunda atau menahan kebaikan selama kita mampu (Amsal 3:27) dan juga tidak boleh mempersulit orang terlebih dahulu sebelum kita memberi sesuatu kepada mereka (ay 28). Dari semua ini kita bisa melihat bahwa segala kelimpahan berkat yang hanya ditelan sendiri tidaklah pernah baik di mata Tuhan. Bagi Tuhan itu hanyalah produk dari iman kosong yang mati, yang tidak punya nilai apapun jika tidak dibarengi dengan perbuatan-perbuatan nyata yang keluar dari hati yang tulus atas dasar kasih.

Jangan puas dengan kehidupan religius tanpa dibarengi dengan perubahan sikap dan perbuatan nyata, karena dengan demikian kita belum menunjukkan diri sebagai anak Allah yang benar. Kita tidak ubahnya seperti orang munafik yang berpikir bahwa mereka bisa selamat hanya dengan berdoa panjang-panjang dan tidak perlu peka terhadap penderitaan sesama, atau orang yang mengira bahwa mereka bisa mencuci dosa (sin laundering) dengan bersedekah dan beramal. Tuhan ingin agar kita hidup semakin baik, menyatakan kemuliaanNya kepada banyak orang dengan kasih. Anda tidak akan jatuh miskin hanya karena memberi atas dasar kasih. Tuhan akan selalu memperhitungkan semuaNya itu dan Dia akan selalu siap memberkati anda justru lebih lagi. Tuhan sendiri yang akan memelihara anda sesuai janjiNya, dan untuk itu anda tidak perlu kuatir akan kekurangan. Sudah seharusnya iman menyertai kehidupan kita dan memberi sebentuk hidup yang berkenan di hadapan Tuhan. Tidak hanya sebatas kata-kata, tidak hanya abstrak atau samar, tidak hanya lewat berdoa setiap waktu tetapi juga harus secara nyata bersinggungan dengan sendi-sendi kehidupan kita, dan diaplikasikan dalam tindakan-tindakan nyata. Adakah sesuatu yang baik yang bisa anda lakukan untuk orang lain hari ini? Lakukan segera. It's time to do some real action.

Iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong dan mati, bagaikan tubuh tanpa roh

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Prayer Request

Community

Stats

eXTReMe Tracker