Sunday, May 28, 2023

Refreshed, Restored (4)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Tubuh butuh disegarkan, jiwa dan roh pun sama. Drain out juga akan terjadi pada sisi kerohanian kita seperti halnya tubuh. Segala sesuatu yang terus menerus dipakai atau aktif bekerja itu pasti akan drained out. Handphone kita saja apabila terus menerus dipakai pada suatu saat akan terasa panas. Kita harus berhenti dulu sejenak agar panasnya hilang, baru dipakai lagi.

Sebenarnya kerohanian pun bisa jadi mirip seperti itu. Berbagai tekanan, godaan, kesulitan yang mendatangkan kekuatiran bahkan rasa takut bisa membuat kita drained out. Masalahnya adalah, seringkali kita tidak menyadari bahwa kerohanian kita sedang drained out dan perlu disegarkan. Kita terus sibuk dan panik, lupa bahwa kerohanian kita tengah mengalami kekeringan atau kepenatan, kita malah menomor-duakan, atau mengabaikan meluangkan waktu-waktu kita bersekutu dengan Tuhan karena merasa sudah terlalu lelah. Padahal disanalah sebenarnya kerohanian kita bisa kembali disegarkan. Refreshed and restored.

Sungguh sangat penting bagi kita untuk terus membekali dan menjaga kesegaran rohani kita dengan firman Tuhan. Daud tahu bagaimana bahagianya jika ia tetap berada dekat dengan firman Tuhan yang penuh dengan kuasa. Bacalah Mazmur 119 dimana Daud mendeskripsikan dengan panjang lebar dan lengkap mengenai bahagianya orang yang hidup menurut Taurat Tuhan. Semua itu tentu terasa sangat menyegarkan bagi jiwa saat kita membaca dan merenungkannya. Berkali-kali pula Daud memberikan testimoni dari pengalamannya hidup dekat dengan firman Tuhan. Salah satunya berbunyi seperti ini: "Aku mendapatkan kebahagiaan dalam mentaati perintah-perintah-Mu." (Mazmur 119:55). Dalam bahasa Inggris (amplified) kita bisa menemukan kalimat yang lebih detail: "This I have had [as the gift of Your grace and as my reward]: that I have kept Your precepts [hearing, receiving, loving, and obeying them]."

Terutama bagi yang saat ini mengalami kepenatan, kegerahan atau kelelahan secara rohani, jangan biarkan jiwa kita mengalami kekeringan. Tetaplah dekat dengan firman Tuhan agar jiwa kita tetap segar dengan daya tahan yang kuat sehingga kita roh kita bisa terus kembali disegarkan agar kuat dalam menghadapi segala tantangan dan kesulitan setiap hari terlebih di masa-masa sukar seperti sekarang ini.

Segarkan jiwa dengan Firman Tuhan


No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker